Archive for the ‘pemda DKI’ Tag

Jakarta Car Free Day 2 kali sebulan

ini berita yang sungguh menggembirakan untuk para pengendara sepeda dan pejalan kaki serta penikmat udara bersih.. akhirnya keluar juga jadwal car free day untuk jakarta.. mantap oooii.. 2 kali sebulan… aah nikmatnya bersepeda…

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/02/19/17270058/Jakarta.Gelar.Car.Free.Day.Dua.Kali.Sebulan

JAKARTA, KAMIS — Car free day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor
(HBKB) yang dilaksanakan untuk memperbaiki kualitas lingkungan di Kota
Jakarta mulai bulan depan akan digelar dua kali sebulan. Sebelumnya,
kegiatan ini telah digelar sekali sebulan di sepanjang Jalan
Sudirman-Thamrin dan beberapa kali di ruas jalan lain.

“Tiap minggu terakhir pada kawasan Sudirman-Thamrin dan dua kali dalam
setahun untuk masing-masing wilayah kota administrasi,” kata Ridwan
Panjaitan, Kepala Bidang Penegakan Hukum Pengendalian Lingkungan DKI
Jakarta pada jumpa pers di Kantor Badan Pengelola Lingkngan hidup
Daerah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (19/2).

Jika di ruas Jalan Sudirman-Thamrin tiap akhir bulan, mulai bulan
depan pada ruas jalan lain akan digelar pada minggu kedua. HBKB akan
digelar di Jalan Rasuna Said pada 8 Maret dan 9 Agustus, Jalan Letjen
Suprapto pada 12 April dan 13 September, Jalan Pramuka pada 10 Mei dan
11 Oktober, Kawasan Kota Tua pada 14 Juni dan 8 November, serta Jalan
Danau Sunter Selatan pada 12 Juli dan 13 Desember.

“Tujuan jangka pendek program ini adalah untuk membiasakan warga
berjalan kaki atau naik sepeda. Fenomena yang ada adalah masyarakat
menggunakan mobil untuk menempuh jarak hanya 200 meter. Sedangkan
tujuan jangka panjangnya, kita semua berharap makin banyak orang yang
memakai kendaraan umum sehingga udara kita makin jauh dari polusi,”
ujar Ridwan.

HBKB di Jalan Sudirman-Thamrin terakhir dilakukan pada 25 Januari 2009
lalu dan akan kembali digelar pada 22 Februari 2009. Mulai pukul
06.00-14.00, ruas jalan dari Patung Pemuda di Sudirman sampai Patung
Arjuna di Thamrin ditutup untuk segala jenis kendaraan bermotor
kecuali bus transjakarta. Hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda
yang diperbolehkan lewat.

“Pada kawasan tersebut akan ada kegiatan seperti futsal, senam,
panggung hiburan, dan lain lain. Kegiatan itu dimaksudkan untuk
mencegah masyarakat yang memakai kendaraan bermotor nekat menerobos
masuk dan sebagai ajang bersosialisasi antarwarga,” jelas Ridwan. Ia
mengimbau supaya pada HBKB kali ini masyarakat benar-benar
memanfaatkannya dengan tidak menggunakan kendaraan pribadi dan
sebaiknya menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

C4-09

Iklan

[foto] jakarta yang tiap hari macet

berikut ini foto2 yang ditampilkan harian kompas berkenaan dengan macetnya jakarta… (klik untuk memperbesar)

free image host free image host free image host free image host free image host

Jakarta Ria – 19122008

sudah akhir pekan lagi.. waktunya kita mengulas kembali apa yang telah terjadi selama pekan ini. tampaknya tidak ada yang berbeda di tiap harinya untuk urusan kota jakarta. tidak jauh2 dari macet macet dan macet lagi. untuk bulan2 ini tampaknya ada satu yang akan senantiasa mewarnai kota jakarta yaitu banjir.

aaahh alasan klasik jika dikatakan banjir itu karena curah air hujan yang sedemikian tinggi.. emangnya gak bisa beradaptasi dengan kondisi alam seperti ini? atau jangan2 dengan sengaja memelihara kondisi banjir untuk kepentingan pribadi? hmm gak tau juga yah..

bulan desember, biasanya orang2 sudah mulai menata dan berharap akan hal2 yang akan mereka harapkan di tahun mendatang. mulai dari harapan pribadi, karir, hubungan sosial hingga harapan untuk kota jakarta. harapan terbesar bagi penduduk kota jakarta adalah jakarta tidak macet lagi dan tidak banjir lagi. bisa gak yaa?

harapan kok tiap tahun sama saja isinya.. gak ada perkembangan menuju yang lebih baik. potret harapan penduduk jakarta inilah yang diangkat dalam komik Jakarta Ria kompas 19 Desember 2008.

selamat menikmati

Baca lebih lanjut

[komik] anak sekolah tahun 2009

untuk warga Jakarta tampaknya sudah tahu mengenai kebijakan dari pemda jakarta tentang pengaturan waktu masuk untuk para anak sekolah baik SD, hingga SMU sederajat untuk tahun 2009.  efektif pada tanggal 1 januari 2009, anak sekolah di jakarta akan masuk sekolah pada pukul 06:30 WIB.

perubahan waktu masuk sekolah ini tentunya akan berdampak baik fisik maupun non-fisik untuk anak sekolah. tidak hanya anak sekolah tetapi juga kepada orang tuanya dan juga para guru. untuk mengejar pukul 6:30 tentunya mereka harus berangkat lebih pagi lagi.

yang biasanya berangkat dari rumah jam 5: 30 pagi akan berubah menjadi pukul 5 pagi.. waoww.. itu mah subuh2 udah berangkat.. atau jangan2 ada yang berangkat pas subuh.. ckckckk.. berangkat bareng maling donk (huehuheheuh).. tapi itulah kenyataannya.. pemda sudah menetapkan, tinggal gmana implementasinya..

menyitir kondisi diatas, harian kompas dalam edisi jum’at 5 desember 2008 menampilkan karikatur unik ttg anak sekolah tahun 2009… anak sekolah yang menjadi “zombie”.. manusia2 yang berangkat sekolah dengan mata masi terpejam..

Baca lebih lanjut

MRT : masih rapat terus

MRT (mass rapid transportation) pernah (dan mungkin masih) didengung2kan oleh pemda DKI.. tapi yaa gak ada hasil.. udah mirip dengan ejakulasi tanpa hasil. sungguh memalukan.. tiang2 pancang sudah didirikan dan sudah membentang di jalan2 protokol jakarta, tapi apa gunanya? hanya tetap menjadi tiang pancang tanpa makna. malahan menurut gue telah menjadi monumen kebodohan pemda DKI. pemda DKI atau gubernur DKI yaa? yaaa setali tiga uang dech..

mrt

sebuah monumen kebodohan?

ya! itu lah yang pantas ditempelkan pada tiang pancang yang ada di sepanjang jalan HR Rasuna Said hingga Jl Asia Afrika.. sungguh perencanaan yang sangat sangat bodoh.. mungkin anda tidak merasakan bagaimana sulitnya transportasi ketika tiang pancang itu dikerjakan.. mungkin anda termasuk yang menjadi korbannya.. masi ingat gmana rasanya? kesal, mangkel, muak dsb dsb.. kini setelah tiang pancang selesai, trus apa? transportasi makin lancar?

sekian miliar uang pajak berubah menjadi tiang pancang monumen kebodohan pemda DKI.. sungguh terlalu.. sungguh ironi.. demi sebuah ambisi dari seorang petinggi pemda DKI, jadilah warga jakarta “menikmati” keindahan monumen kebodohan ini..

adakah kabar lanjutan dari monumen kebodohan ini? tampaknya MRT diartikan sebagai Masih Rapat Terus.. isinya rapat rapat dan rapat tanpa hasil rapat yang nyata.. selain rapat, ada juga kunjungan kerja yang menghabiskan dana sekian rupiah untuk hasil yang NOL besar… betapa bodohnya…

jika gue tidak salah ingat, dulu targetnya adalah 2009 tu MRT selesai dibangun.. tapi apa lacur? 2009 sudah di depan mata tapi MRT masi tetap menjadi monumen kebodohan.. belum selesai dengan MRT, sempat pula digunjingkan mengenai kemungkinan adanya subway.. guoblok!

perencanaan tata kota yang hancur lebur.. belum satu selesai, sudah bikin proyek baru.. banjir aja belum selesai2 ech mo tambah proyek lagi.. gmana si cara berpikirnya? hanya menyenangkan diri sendiri atau memang tidak ada perhatian untuk jakarta?