Archive for the ‘motor’ Tag

diskriminasi berdasarkan jumlah roda

semoga tidak aneh membaca judul tulisan ini. tetapi itulah kenyataan yang terjadi saat ini. mau menolak atau mencemooh silahkan tetapi itulah realita. kurang puas?

pacific place sebagai salah satu tempat belanja paling prestisius di Jakarta merupakan tempat dilakukannya diskriminasi berdasarkan jumlah roda. apa yang didiskriminasi? terang lah.. untuk tempat belanja sebesar dan sekelas bintang lima, ternyata bikin pusing tujuh keliling untuk para pengendara motor. gak ada parkiran motor ! hueeek!!

sudah buka websitenya pacific place?
disana disebutkan

Accomodating over 2,000 cars, Pacific Place parking provides convenient access dor shoppers and amll visitor to enter the building. The car parks are conveniently located in Basement 1, Basement 2, Basement 3, and Basement 4.

trus kemana parking untuk motornya?? apa menurut mereka pengendara motor tidak mempunyai daya beli seperti yang punya mobil?? huh!!

seandainya pun ada parkiran motor, adanya di parkiran automall yang jaraknya lumayan juga yah kalau jalan kaki dan ditemani tetesan hujan. inikah bentuk kemajuan dan kapitalisme? diskriminasi telah hadir kembali.. kali ini untuk pengendara motor.. huh…

Iklan

[foto] oleh2 dari Jakarta Motor Show 2008

ada rekan yang mengirimkan oleh2nya dari kunjungan ke Jakarta Motor Show 2008.. ada yang mantap, ada yang keren, ada yang cantik

ech itu motor atau SPG yang cantik? so pasti SPGnya yang cantik donk.. jadi dinikmati saja yah…

Baca lebih lanjut

pingin punya motor yang ini

beberapa bulan yang lalu, di blog ini pernah tercetus keinginan untuk memiliki sebuah motor idaman dan direncanakan untuk direalisasikan pada tahun 2009. seiring dengan perjalanan sang waktu, tampaknya motor idaman itu akan berubah haluan. tidak lagi pada kawasaki tetapi pada suzuki.

ada sebuah review yang mantap dari harian Kontan untuk suzuki new FU 150.. keren coii.. mantap banget.. akankah motor ini yang akan menggantikan Honda Supra X 125 tahun 2005 gue?

Baca lebih lanjut

[komik] Jas Hujan

musim hujan telah tiba.. musim hujan telah tiba.. hore hore hore… air hujan ternyata tidak semata2 membawa kesengsaraan karena mengakibatkan banjir namun juga memberikan penghasilan tambahan untuk mereka yang pandai memanfaatkan peluang. sebagai contoh adalah pedagang payung dan jas hujan. omzet mereka beberapa hari belakangan ini meningkat cukup drastis, terutama penjualan jas hujan. mulai dari yang warna kalem semisal hijau tua, biru tua hingga warna yang terang benderang semisal kuning, merah dan pink (ada yang pake jas hujan warna pink?)

biasanya pembeli jas hujan adalah para pengendara motor. pertumbuhan jumlah motor di jakarta kian hari kian meningkat, jadi jangan kaget jika suatu saat nanti motorlah yang menguasai jalanan ibukota. mantap gak tu? sayangnya gak dibarengi dengan tingkat “kecerdasan” berkendara di jalan raya.. yaa gitu dech..

kembali ke musim hujan, jas hujan dan pengendara motor. aksesoris yang tidak pernah bisa lepas dari ketiga hal tersebut adalah kepemilikan jas hujan oleh pengendara motor. hampir dapat dipastikan untuk setiap motor pasti memiliki minimal satu jas hujan, entah yang model kemeja atau yang model ponco. bagimana jika si pengendara motor hanya memiliki satu jas hujan sementara dia ngeboncengin satu penumpang dan saat itu hujan deras?

kondisi diataslah yang melatarbelakangi komik Benny dan Mice untuk Kompas 30 Nopember 2008.. silahkan disimak dibawah ini

Baca lebih lanjut

ojek Limobike

ada alternatif kendaraan baru nih.. gak jauh2 dech untuk mengatasi kemacetan jakarta yang makin hari makin parah.. namanya adalah Limobike.. keren kan namanya.. padahal sama aja tuh.. ojek sepeda motor..

kuning ngejreng (gak sesuai dengan warna jakarta yang orange) mendapatkan perhatian lebih bagi banyak kalangan eksekutif muda.. ada yang baru gitu loh..

Baca lebih lanjut

Di balik senyum petugas pompa bensin.*

ada surel yang masuk ke inbox gue.. cukup memprihatinkan.. ternyata senyum pertamina membawa penyakit.

Di balik senyum petugas pompa bensin.*
Ketika mengisi bensin, saya sering kali ngobrol dengan petugas pom
bensinnya. Kebiasaan saya memang suka mengobrol dengan siapa saja.
Sering kalinya saya hanya ingin menambah wawasan saja dari hal-hal yang mungki
tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya. Hal yang beberapa bulan ini saya
tanyakan ke mereka di berbagai tempat pom
bensin adalah apakah mereka tidak pusing mencium bau bensin setiap
hari dan kenapa mereka tidak memakai masker penutup hidung agar mengurangi
uap bensin yang terhirup.

Hal tersebut saya tanyakan, karena saya saja yang berdiri sebentar
sambil ngobrol, sudah langsung pusing karena menghirup bau bensin tersebut.
Mereka, kurang lebih sepuluh orang, yang saya tanyakan semuanya menjawab
bahwa sebenarnya mereka juga pusing. Mereka merasakan dada yang
sesak. Dan makin parah lagi kalau pas mereka sedang sakit, katakan saja flu,
perasaan sakit di dada semakin menjadi.

Ketika saya tanyakan kenapa mereka tidak memakai masker, jawaban mereka
semuanya sama yaitu karena kebijakan perusahaan. Perusahaan melarang
mereka memakai masker karena demi pelayanan ke pelanggan. Mereka diwajibkan
untuk tetap tersenyum ketika melayani pelanggan. Mereka bilang, kalau
mereka pakai masker, mereka tidak bisa lagi menunjukkan senyum mereka ke nasabah
dan itu akan dianggap tidak sopan karena tidak menghargai pelanggan.

Hazrah kazrah!

Saya terkaget mendengar jawaban mereka. Jawaban mereka semuanya seragam.
Jawaban mereka pun semakin diperkuat dengan iklan Pertamina di
televisi yang mengutamakan senyum petugasnya ketika melayani pelanggan.

Ironisnya, dibalik senyum yang mereka berikan, ada derita yang harus
mereka tanggung dengan mencium uap bensin setiap hari yang dapat memberikan
gangguan yang serius kepada kesehatan mereka, khususnya paru-paru
dan otak mereka.

Saya sebagai pelanggan lebih senang melihat mereka memakai masker
penutup hidung, ketimbang mereka melayani dengan senyum tapi saya tahu dibalik
senyumnya, mereka menanggung derita yang tidak ringan.

Melalui tulisan ini, saya mengajak kita yang peduli terhadap nasib para
pekerja pom bensin untuk menyerukan kepedulian kesehatan petugas pom
bensin agar pertamina dan pemilik pom bensin melengkapi petugas pom bensin
dengan masker penutup hidung.

Saya sebagai pelanggan pom bensin lebih peduli kesehatan petugas pom
bensin ketimbang senyuman mereka ketika mereka mengisikan bensin ke
kendaraan saya.
Saya sudah mulai merasa tidak nyaman karena tahu dibalik senyuman
petugas pom bensin ada derita yang harus mereka tanggung akibat menghirup uap
bensin.

Semoga melalui tulisan ini, nasib kesehatan petugas pom bensin bisa
diperbaiki dimulai dengan memakai masker penutup hidung.

catatan:
Sekedar tambahan catatan, untuk pom bensin yang buka 24 jam,
diterapkan tiga shift kerja. Kurang lebih mereka bekerja seharinya sekitar 8-9 jam.
Jumlah jam yang cukup lama untuk menghirup uap bensin terus menerus.

Silahkan di forward tulisan ini, khususnya ke mereka yang anda pikir
dapat mempengaruhi untuk merubah kebijakan agar para petugas pom bensin
dibolehkan memakai masker penutup hidung.

jabat erat,

Sumber : Irwan Ariston Napitupulu, Superkoran (www.apakabar. ws)

Pengen nerusin aja info ini, smoga bs diterusin ke pejabat
Pertamina, bahwa mereka tidak manusiawi. Smg bs membawa perubahan kebijakan.

Peraturan waktu mau belok

Berhati-hati dan tertib di jalan akan memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kesadaran masing-masing pengemudi baik itu mobil dan motor terhadap aturan-aturan yang tidak tertulis, berkaitan dengan tata krama di jalan juga dapat berpengaruh terhadap tingkat terjadinya kecelakaan. Yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai kesadaran, pola berpikir, tata krama yang sama di jalan.

Artikel ini di buat untuk mencoba menyampaikan aturan tidak tertulis tadi yang semoga dapat diingat selalu saat kita berkendara baik dengan motor maupun mobil di jalan.

BELOK – 1

Sering terjadi saat mobil (C) akan berbelok ke kiri, tiba-tiba muncul sepeda motor (A) dari sisi kiri atau sisi dalam belokan. Beruntung apabila mobil (C) melihat ada sepeda motor tersebut di sisi kirinya, jika tidak, maka motor (A) akan terjepit oleh mobil tersebut.

Mengapa bisa terjadi kecelakaan?
Pengemudi mobil (C) yang akan berbelok ke kiri, pertama-tama akan berkonsentrasi melihat ke arah kanan (1) melihat adanya mobil lain dari arah kanan (E), kemudian dia akan melihat mobil dari arah kiri (2) (D) untuk mulai berbelok ke kiri.
Saat seperti itu umumnya pengemudi mobil tidak terpikir untuk melihat sisi kiri mobil apakah aman atau tidak.
Sekalipun melihat spion, umumnya posisi sepeda motor yang menyelip masuk tidak terlihat karena masuk dalam sudut BLIND SPOT (sudut tidak terlihat oleh kaca spion).

Pengendara motor (B) posisinya benar, dia berjalan di belakang mobil yang sedang berbelok, sehingga aman. Pengendara motor (B) pun harus melihat kondisi lalin dari arah kanan, dan mengatur jarak dengan mobil di depannya saat berbelok.

BELOK – 2

Sering terjadi juga, saat mobil akan masuk jalur di seberangnya pada suatu pertigaan, sepeda motor yang ikut berbelok dengan arah yang sama mengambil ruang gerak belok mobil. Hal ini sangat berbahaya apabila si pengendara mobil tidak melihat dan menginjak rem saat sepeda motor itu memotong jalur beloknya.

Sebaiknya, pengendara motor menunggu mobil tersebut berbelok pada ruang geraknya dan tidak memotorngnya.

BELOK – 3

Pada jalan yang tidak terlalu ramai, sering terjadi motor atau mobil berbelok dengan mengambil jalur arah berlawanan saat memasuki pertigaan atau tikungan.

Untuk itu mobil atau motor yang akan memasuki tikungan atau pertigaan, sempatkan untuk membunyikan klakson atau menyalakan beam (jika malam) agar pengendara lain tau akan ada mobil / motor yang keluar tikungan, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Sebaiknya tetaplah berjalan di jalur masing-masing. Bayangkan ada garis pembatas jalur (imajiner) yang tidak boleh kita langgar saat berbelok, juga perlu berhenti, sebelum berbelok apabila ada kendaraan lain dari arah berlawanan yang akan lurus (C), sehingga aman.

BELOK – 4

Kecelakaan antar sesama sepeda motor sering terjadi saat memasuki suatu tikungan. Ketika salah satu pengendara motor menyusul memasuki tikungan dan mengambil jalur belok sepeda motor di belakangnya, sehingga apabila pengendara yang dibelakang tidak sigap, akan terjadi kecelakaan.

Sebaiknya tetaplah berbelok di jalurnya, bayangkan garis belokan yang akan kita lalui maupun yang akan dilalui oleh pengendara di dekat kita, sehingga kita tidak mengambil atau menyerobot jalur beloknya.

Honda V4 Concept

ini dia motor konsep dari Honda.. : Honda V4.. sebelum komentar, liat dulu fotonya..

V4-001

V4-001

V4-002

V4-002

V4-003

V4-003

gmana? udah kebayang belum? gak pake sumbu roda.. roda pun gak nampak.. gmana kalo dibawa ke jalanan ibukota? ancur donk tu body deket roda.

car free day – Jakarta selatan

jangan lupa… hari minggu ini (12 Oktober 2008) ada car free day untuk jakarta selatan tepatnya di Jln HR Rasuna Said.
jalur cepat akan disterilkan dari kendaraan bermotor kecuali bus transjakarta.

program ini akan dimulai dari pukul 6 pagi sampai dengan pukul 2 siang.

untuk warga tebet, kuningan, casablanca dan sekitarnya mari kita ramaikan Jln HR Rasuna Said untuk berolahraga ria.

Pusat kegiatan nampaknya akan dikonsentrasikan di pasar festival dan pusat film usmar ismail.

trims.

sumber berita: http://www.thejakartapost.com/news/2008/09/26/more-roads-covered-jakarta039s-quotcar-free-dayquot.html

More roads covered in Jakarta’s “car free day”

The Jakarta Post   |  Fri, 09/26/2008 9:01 PM  |  Jakarta
The city administration and the environmental management agency (BPLHD) will expand area covered by the “car free day” program to Jl. Rasuna Said, Kuningan, an official says.

The road will be closed to private cars, motorcycles, taxis and three-wheeled vehicles from 6 a.m. until 2 p.m. such as already been implemented every Sunday on Sudirman-Thamrin route.

The agency reported Friday that it was necessary to expand the area so as to reduce air pollution in the city.

The new arrangement will take effect on Oct. 12. The agency said the empty spaces on Jl Rasuna will be used by sporting activities, exhibitions and public entertainment.

According to an official from the agency, on Aug. 31 the car- free day initiative reduced dust pollution by 15.31 percent and carbon monoxide by 58.66 percent.

motor idaman

ketika PRJ 2008 berlangsung… gue terpaku sekian lama di stand kawasaki.. menatapi indahnya produk baru mereka… owwwh.. bilakah motor ini menjadi milik gue?

athlete_big

harga udah ok 13jt lebih dikit.. uang u/ DP ada.. kreditpun mudah.. tapi gue gak sanggup beli.. belum terlalu mendesak untuk gue miliki..mungkin di tahun 2009 nanti akan gue miliki