Archive for the ‘Indonesia’ Tag

Kamis, 9 April 2009 – Hari Pemilu = Libur !!!

diumumkan.. biar semakin jelas.

telah terbit Keputusan Presiden RI ttg penetapan hari pemungutan suara DPD, DPRD dan DPR RI sebagai hari libur.
jadi untuk Kamis tanggal 9 April 2009 adalah hari libur.

berikut link pdf nya : Keppres hari pemilu adalah hari libur

kalo da gini, mo bilang apa

rekan2.. masih ingat ttg pemberitaan (dan juga post di blog ini) ttg gagalnya konser jeung rohanna ech rihanna di Jakarta tempo hari?
ntah karena gosip (ada banyak gosip) atau memang karena kendala teknis akhirnya konser dibatalkan. tapi di Peb 2009, jeung rihanna akan datang lagi.. kali ini dengan full power n preparation.. tampaknya promotor gak mau lagi dihadang dengan gosip2 yang bikin ketar ketir plus menjaga nama baik operator GSM yang baik itu (tau donk apa yang dimaksud :D)

berkaca pada isu sentral ttg ormas yang mo obrak abrik karena alasan pornografi, akhirnya tim rihanna bongkar konsep dan walaaahhh…

lampu hijau di malingsia..
baca artikel berikut:

Baca lebih lanjut

pulang kantor lebih awal

jujur.. tulisan ini tidak cocok untuk anda yang termasuk workoholic (si gila kerja).tapi juga bukan untuk dijadikan senjata untuk orang2 yang malas kerja atawa tipikal si pemakan gaji buta (gue termasuk gak yaa?). tapi post ini sungguh menarik dan bermanfaat.

ada berita dari vivanews (Pulangkan staff lebih awal untuk beranak-pinak). singkat berita adalah perusahaan Canon (Jepang) memulangkan karyawannya lebih awal dan menutup akses untuk pekerja yang suka kerja lembur. pukul 17: 30, listrik kantor langsung dimatikan.
keuntungannya adalah untuk para karyawan bisa segera pulang kerumah untuk berindehoy (dan berasoy2) dengan suami/istri yang pada akhirnya melakukan “produksi” anak. selain daripada itu juga mengurangi beban biaya listrik secara signifikan bagi Canon.
kebijakan Canon ini sejalan dengan harapan pemerinta Jepang yang berupaya untuk menaikkan tingkat pertambahan penduduk agar mencapai 2% pertahun.

seandainya dilakukan di Indonesia gmana yaa? duh jadi kepingin…

orang jepang emang lebih suka kerja ketimbang beranakpinak.. sementara orang Indonesia lebih suka beranakpinak ketimbang kerja… kewalik walik nih..

[komik] baju tahanan KPK

gak ada kata basi untuk perang terhadap korupsi. terlebih lagi korupsi di negeri ini tampaknya masih mendarah daging dan terus berurat berakar pada pribadi2 lemah (syahwat?).

pemerintahan SBY yang katanya anti korupsi, baru bisa “berbicara” dalam iklan berwarna satu halaman di media cetak nasional dan iklan televisi yang TIDAK banget. seperti itu yah cara mereka berkampanye? oh sungguh jeleknya.. siapa sih konsultan politiknya? norak tau..

KPK yang digadang2 dapat memberikan kejelasan dan ketajaman dalam memutus rantai panjang korupsi tampaknya hanya hangat2 tai ayam. dipegang hangat tetapi kalau dicium : BAU !

wacana meluncurkan baju khusus untuk tahanan korupsi sudah lama bergaung. ada respon. ada pro dan kontra. wajar. tetapi apa lacur hasilnya cuma segitu saja.. baju tahanan yang seharusnya membuat MALU pada koruptor hanya jadi pemanis interior ruang sidang tipikor. sungguh terlalu.

dicomot dari harian kontan, sebuah komik cibiran untuk baju tahanan KPK.

Baca lebih lanjut

[komik] iklan ombudsman (ver D)

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) aka Komisi Ombudsman Indonesia tampaknya sedang getol2nya beriklan.. beriklan dalam rangka sosialisasi atau dalam rangka menghabiskan anggaran? hohoohoho.. itu pertanyaan besar yang harus dijawab dan dibuktikan ke muka publik.

lagi2 iklan tim Ombudsman ini muncul.. MNRP mencatat sudah ada 3 versi iklan media cetaknya.. jika ditambah yang ini maka akan ada 4 versi iklan media cetak.. banyak juga yah..

silahkan disimak, Kompas 10 Desember 2008, iklan Ombudsman versi D

Baca lebih lanjut

[komik] iklan ombudsman (ver C)

ini iklannya Ombudsman Republik Indonesia versi C atau versi ketiga yang muncul di media cetak.

modalnya besar juga nih komisi..

selamat menikmati

Baca lebih lanjut

[komik] padat karya ; salah kostum

menyikapi perekonomian internasional dan nasional yang menunjukkan posisi makin menurun ditambah lagi adanya kekhawatiran PHK massal, maka diperlukan tindakan serius dari pihak pemerintah Indonesia. terkait dengan ancaman PHK massal, untuk tahun 2009, pemerintah telah menyiapkan program padat karya.

program ini diharapkan akan menyerap banyak tenaga kerja baik yang kena PHK atau tenaga kerja yang belum bekerja atawa pengangguran. sungguh langkah yang sangat bijak. namun perlu dipertanyakan mengenai konsep dan bentuk dari program padat karya ini. apakah seperti jaman dahulu dimana ada program padat karya untuk bersih2 selokan? (masih ingat jamannya tante Tutut sebagai mensos?)

menanggapi kemungkinan tersebut,  harian Kontan pada rabu 3 desember 2008 menampilkan komik yang berjudut Padat Karya.

Baca lebih lanjut

[komik] Komisi Ombudsman

menyambung post yang ini Komisi Ombudsman, ternyata komisi ini mulai getol beriklan.. mulai dari iklan di televisi, radio, internet bahkan di media cetak. Yang menarik adalah iklan versi media cetak.. ditampilkan dalam bentuk komik.. mantap punya nih…

dikutip dari Kompas, 3 Desember 2008; komik yang menarik

Baca lebih lanjut

Komisi Ombudsman

setelah lama dibentuk dan telah lama berdiri tanpa aksi, kali ini Komisi Ombudsman unjuk gigi. Seblum jauh berbicara ttg Komisi Ombudsman itu baiknya disimak dulu apa yang dimaksud dengan Komisi Ombudsman.

menurut oom wikipedia (bahasa Indonesia), ombudsman diartikan sebagai

Ombudsman adalah seorang pejabat atau badan yang bertugas menyelidiki berbagai keluhan masyarakat. Kata ombudsman berasal dari bahasa Swedia kuno umbuðsmann, artinya perwakilan. Selain di tingkat pemerintahan, ombudsman juga dapat ditemui dalam perusahaan, universitas, dan media massa.

menurut oom wikipedia (bahasa Inggris), ombudsman diartikan sebagai

An ombudsman (English plural: conventionally ombudsmen) is an official, usually appointed by the government or by parliament, who is charged with representing the interests of the public by investigating complaints reported by citizens and addressing them, usually through mediating a settlement. In some jurisdictions, the Ombudsman is referred to, at least officially, as the ‘Parliamentary Commissioner’ (e.g., the Western Australian state Ombudsman). The word ombudsman and its specific meaning, Nordic in origin, has since been adopted into English as well as other languages, and ombudsmen have been instituted by other governments and organizations such as the European Union. To make a complaint to an ombudsman is usually free of charge.

An ombudsman need not be appointed by a legislature; they may work for a corporation, a newspaper, an NGO, as an organizational ombudsman; or for the general public in a city, appointed by a mayor, like the executive ombudsman. In some countries, an Inspector General may have similar duties as or have overlapping duties with an ombudsman appointed by the legislature.

ternyata di wikipedia juga ditemukan entry ttg Komisi Ombudsman Nasional, sekelumit ttg KON :

Komisi Ombudsman Nasional atau disingkat KON dibentuk tanggal 20 Maret 2000 berdasarkan Keppres No. 44 Tahun 2000. Lembaga ini merupakan cikal bakal terbentuknya Ombudsman Republik Indonesia yang disahkan berdasarkan Undang-undang dalam Rapat Paripurna DPR RI pada tanggal 9 September 2008.

Secara umum peran Komisi Ombudsman Nasional adalah melakukan pengawasan terhadap pemberian pelayanan publik oleh penyelenggara negara, termasuk BUMN/BUMD, lembaga pengadilan, Badan Pertanahan Nasional, Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, Departemen dan Kementerian, Instansi Non Departemen, Perguruan Tinggi Negeri, TNI, dan sebagainya.

Dalam menjalankan kewenangannya KON berpegang pada asas mendengarkan kedua belah pihak (imparsial) serta tidak menerima imbalan apapun baik dari masyarakat yang melapor atau pun instansi yang dilaporkan. KON tidak memiliki kewenangan menuntut maupun menjatuhkan sanksi kepada instansi yang dilaporkan, namun memberikan rekomendasi kepada instansi untuk melakukan self-correction. Penyelesaian keluhan oleh KON merupakan salah satu upaya alternatif penyelesaian masalah (alternative dispute resolution) di samping cara lainnya yang membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang harus dikeluarkan.

ternyata KON ini sudah hadir sejak tahun 2000.. kenapa baru sekarang pasang iklan?

24 Rekor Dunia yang sampai saat ini masih dipegang Indonesia

24 Rekor Dunia yang sampai saat ini masih dipegang Indonesia

  1. Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).
  2. Ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
  3. Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
  4. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  5. Negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia. 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  6. Bahasa daerah terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
  7. Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
  8. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km.. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
  9. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
  10. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  11. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
  12. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).
  13. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia).
  14. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg),
  15. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% pasar dunia.
  16. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
  17. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species..
  18. Biodiversity Anggrek terbesar didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  19. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
  20. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  21. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  22. Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip *Censored dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  23. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  24. Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

http://forum.kompas.com/nasional/10804-24-record-dunia-yang-dipegang-indonesia.html