Berbicaralah dengan Pasangan

Bila Anda tidak mendapatkan komunikasi yang diinginkan, kini saat untuk mengubahnya.
Oleh : Arinto Tri Wibowo, Muhammad Chandrataruna
(dok. Corbis)

Berkomunikasi dengan orang yang Anda cintai bisa menjadi tantangan terbesar dalam hidup. Di sini, Anda dapat menilai, apakah Anda merasa sangat berkuasa dalam hubungan dengan pasangan.

Namun, bila Anda tidak mendapatkan komunikasi yang diinginkan, kini saatnya untuk mengubah sedikit gaya komunikasi dengan pasangan.

Simak beberapa metode berikut yang dikutip VIVAnews dari California Physics, Minggu 29 Maret 2009. Metode ini akan membawa Anda dan pasangan ke “meja perundingan.”

1. “Kita perlu bicara.”
Empat kata ini kadang terdengar menyeramkan ketika terlontar dari mulut mitra Anda. Namun, sesungguhnya ini merupakan awal komunikasi efektif dalam sebuah pasangan.

Sebisa mungkin, setiap pasangan harus berbicara setiap waktu. Ini dilakukan dalam membangun komunikasi yang intim. Bukalah dengan mengeluarkan kalimat pujian terhadap pasangan.

Setelah itu, sisipkan topik serius yang perlu didiskusikan bersama pasangan, misalnya tentang keuangan rumah tangga, cita-cita Anda terhadap hubungan, atau hal penting lainnya.

Anda bisa memulainya dengan kalimat, “Saya ingin tahu bagaimana caranya agar bisa mendengarkanmu lebih baik, karena selama ini kita jarang berbicara.” Anda juga bisa mencoba kalimat-kalimat sejenis lainnya yang sifatnya kooperatif.

Tapi, usahakan tidak membawa topik serius di sela makan malam romantis pada perayaan ulang tahun perkawinan. Ini untuk menghindari konflik atau debat di hari bahagia Anda berdua.

2. Negosiasi rumah tangga bukan negosiasi bisnis.
Hubungan Anda dan pasangan bukanlah bisnis. Menawar dan kembali menawar bukanlah strategi yang tepat dalam membangun hubungan seumur hidup bersama pasangan. Anda cukup mendengarkan dan menawarkan solusi. Inilah cara ideal untuk mencintainya.

Misalnya, pasangan Anda memiliki rencana besar, seperti pindah tempat tinggal. Sebaiknya, Anda memikirkannya terlebih dulu apakah maksudnya baik untuk hubungan Anda berdua.

3. Bagaimana dengan negosiasi seks?
Apakah seks baik untuk dinegosiasikan. Menurut ahli fisika Maryanne, kehidupan seks Anda adalah sesuatu yang sudah terbangun dan tumbuh di dalam hubungan dengan pasangan.

“Negosiasikanlah dengan penuh cinta dan sikap yang mendukung untuk membangun kehidupan seks yang lebih memuaskan.”

Hal senada dikatakan ahli fisika Darcy. Dia mengatakan, “Pikat pasangan Anda dengan kamar tidur yang baru bermotif seksi. Lengkapi juga dengan berbagai mainan seks yang lucu.”

Bagaimana pun cara Anda bernegosiasi, lakukanlah demi membangun hubungan yang baik seperti yang Anda dambakan. Jangan pernah lupa untuk selalu mengatakan “ya” ketika Anda mendengarkan pasangan berbicara, mengerti, dan bercinta.

• VIVAnews

http://kosmo.vivanews.com/news/read/44646-selalu_berbicaralah_dengan_pasangan

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: