Hyundai Pusing Tentukan Harga i10

Interior Hyundai. Di India ada dua versi: coklat terang(seperti foto) dan hitam.


JAKARTA, SENIN — PT Hyundai Indonesia Motor telah memastikan untuk segera meluncurkan andalan terbarunya di segmen city car, yaitu i10. Meski begitu, menurut sumber internal Hyundai, mereka belum memastikan tanggal pasti peluncuran. “Pastinya segera kita luncurkan dalam waktu dekat. Namun, tanggalnya masih ditentukan,” jelas sumber tersebut.

Ditambahkan oleh sumber, masalah yang cukup pelik dihadapi Hyundai Indonesia pada i10 adalah untuk menentukan harga. Pasalnya, mobil ini diimpor dalam bentuk CBU dari pabriknya di India. Karena nilai rupiah terhadap dollar sangat tinggi, maka harganya jadi tinggi dan berat bersaing di pasar Indonesia.

Mobil yang diimpor dalam bentuk CBU dari India menghadapi kendala harga karena dikenakan bea masuk, sedangkan mobil yang berasal dari ASEAN, seperti Thailand atau Malaysia, tidak.

“Sekarang saja harga Kia Picanto manual Rp 128 juta. Apa memang pantas city car harga segitu,” komentar sumber tersebut tentang harga.

Kepastian Hyundai segera meluncurkan i10 juga diawali dengan acara kumpul dengan wartawan yang akan dilangsungkan besok. Menurut sumber lain yang mengetahui tujuan aktivitas tersebut, pertemuan tersebut merupakan teaser kehadiran i10 sebagai pengganti Atoz.

Dari penelusuran Kompas.com, Hyundai Indonesia memasukkan i10 bermesin 1,1 liter dengan transmisi manual dan otomatik. Karena belum memastikan harga, sebagai pembanding, Kia Picanto transmisi manual ditawarkan Rp 126 juta, sedangkan otomatik Rp 136.500.000.

Dengan harga sekitar tersebut, dipastikan Hyundai Indonesia pusing. Pasalnya, harga mobil lain, seperti Daihatsu Xenia bermesin 1,3 liter dengan ukuran lebih besar dan muat penumpang lebih banyak justru Rp 126 juta, apalagi sekarang ini harga bahan bakar lebih murah. Sebuah perjuangan yang mudah, tetapi harus dicoba!

Spesifikasi Hyundai i10

Dimensi dan Berat
Panjang (mm)
3.565
Lebar (mm)
1.595
Tinggi   (mm)
1.550
Jarak sumbu roda (mm)
2.380
Berat total (GWV)           (kg)
1.385
Jarak terendah (mm)
165
Mesin
Tipe
iRDE,  1.1, SOHC
Jumlah silinder
4
Jumlah katup
12
Kapasitas   (cc)
1.086
Pasokan bahan bakar
Injeksi elektronik
Transmisi
Manual: 5 kecepatan,
Otomatik: 4 kecepatan
Tenaga maks. (ps/rpm)
67  @5500
Torsi maks. (kgm/rpm)
10.1  @2800
Suspensi
Depan
McPherson Strut, stabilizer
subrangka batang “I”
Belakang
Per koil
Rem
Depan
Cakram
Belakang
Teromol
Ukuran
155/80 R13
Kapasitas tangki bensin (liter)
35
Setir
Rack & pinion,
power steering listrik

ZBJ

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/02/09/14200732/hyundai.pusing.tentukan.harga.i10

1 comment so far

  1. majron on

    i10 tidak usah bersaing dengan picanto, karena saat ini i10 sedang bersaing i20. bahkan menurut detik, penjualan i20 melebihi i10..

    mnrp:
    yups… i20 memang lebih diterima oleh pasar.. i10 bisa dibilang adalah test market saja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: