Perempuan Memang Sulit Ditebak

Sebuah penelitian membenarkan anggapan laki-laki bahwa perasaan perempuan sukar ditebak.
Oleh : Maryadie, Harriska Farida Adiati
(doc Corbis)

VIVAnews – Kaum Adam bilang, perasaan perempuan sukar ditebak. Bahkan para wanita juga mengiyakan anggapan itu.

Dan kini pendapat itu semakin diperkuat dengan sebuah penelitian yang membuktikan bahwa pernyataan itu benar.

Para peneliti di Universitas Indiana menayangkan 24 buah klip video yang mempertontonkan 24 kencan singkat. Tiap selesai satu tayangan, para peneliti akan bertanya kepada penonton,
“Menurut Anda, apakah sang pria tertarik dengan sang wanita?” dan juga sebaliknya, “Apakah sang wanita tertarik dengan sang pria?”.

Hasil penelitian kemudian dimuat dalam jurnal “Psychological Science” edisi Januari. Studi menunjukkan bahwa para penilai yang terdiri atas laki-laki dan perempuan itu mampu menebak ketertarikan pria terhadap pasangannya.

Namun mereka kebingungan saat harus mengira-ira perasaan wanita terhadap pasangan kencannya. Bahkan, lemparan koin justru nyaris akurat untuk memprediksi ketertarikan perempuan terhadap sebuah kencan.

Skyler S. Place, peneliti yang mengetuai studi, mengatakan bahwa faktor biologis di balik sebuah kencan membuat perasaan perempuan sangat sulit diprediksi.

“Perempuan sering bersikap malu-malu. Situasi ini memaksa pria untuk menggunakan lebih banyak waktu agar bisa berinteraksi dengan teman kencannya agar lebih yakin kalau mereka sudah benar-benar merebut hati sang wanita,” terang Place, seperti dikutip dari laman stasiun televisi MSNBC.

“Oleh karena itu, wanita punya banyak waktu untuk mengumpulkan berbagai informasi tentang kencannya dengan si pria.”

Klip video yang menayangkan kencan dari pertengahan hingga akhir kencan merupakan penaksiran yang paling akurat, kata Place.

Place mengatakan perasaan sesungguhnya dari pria dan wanita yang berkencan menjadi lebih terlihat saat kencan berlangsung dalam waktu lebih lama.

Kencan singkat tersebut dilakukan di Jerman sebagai bagian dari studi yang dilakukan oleh Universitas Berlin.

Tidak satupun peserta penelitian di Universitas Indiana paham bahasa Jerman, sehingga mereka menebak ketertarikan para pelaku kencan melalui gerak-gerik visual dan nada suara.

Namun bagi kaum Hawa, bukankah lebih menyenangkan kalau menerapkan pepatah “Jadilah dirimu sendiri” ketimbang malu-malu dan menutup diri?

Place mengatakan, “Dari perspektif evolusioner, tidak ada yang salah bila perempuan memilih bersikap terbuka dan jujur tentang dirinya sendiri.

Namun, tidak menunjukkan ketertarikan terhadap lawan jenis secara terang-terangan merupakan pilihan yang dianggap membawa keuntungan tersendiri bagi diri perempuan.”

Lagipula, ada petunjuk lain yang bisa digunakan untuk melihat apakah sang wanita memang tertarik dengan pasangan kencannya, yaitu kalau dia mau diajak untuk melakukan kencan kedua.

• VIVAnews

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: