5 Cara Relaksasi Usai Bekerja

Ilustrasi: Minum teh hijau

Setelah seharian bekerja, otak diperas habis-habisan untuk memikirkan pekerjaan, tenaga pun dikuras karena berkunjung ke banyak tempat, seringkali kita masih harus menghadapi kemacetan saat pulang ke rumah. Akibatnya, begitu sampai di rumah, kita tak sanggup lagi melakukan rutinitas yang seharusnya dilakukan sebelum tidur. Misalnya, mengganti baju, mandi, atau makan malam. Kadang-kadang, masih dengan pakaian kerja, bahkan tanpa mencuci tangan dan kaki, kita langsung tidur karena begitu capai. Pada saat seperti itu, badan yang masih kotor dan perut yang lapar tak lagi terlalu dipikirkan. Yang penting bisa langsung mengistirahatkan badan dan pikiran dengan tidur.

Sebenarnya, ada beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan sebagai relaksasi sebelum kita naik ke atas ranjang. Memang membutuhkan sedikit waktu, namun istirahat Anda pasti akan lebih nyaman setelah melakukan hal-hal simpel berikut ini. Anda tak memerlukan waktu lama untuk melakukannya, namun efeknya pasti sangat terasa.

1. Mandi. Siapa pun pasti tahu bahwa dengan mandi badan kita terasa lebih segar. Mandi lah dengan air panas bila perlu. Jika Anda tak memiliki water heater di kamar mandi, hubungi keluarga atau pembantu di rumah untuk memasakkan air panas untuk Anda. Dengan demikian, ketika tiba di rumah Anda bisa langsung mandi. Bila Anda biasa mandi di bathtub, gunakan aromaterapi untuk membantu relaksasi.

2. Pesan makanan. Anda terlalu capai untuk memasak atau menyiapkan makan malam? Pesan saja makanan kesukaan Anda, atau mampir ke warung dalam perjalanan menuju rumah. Anda juga bisa membawa pulang makanan untuk disantap bersama pasangan.

3. Tidur lebih lama. Anda tahu kan, bila setelah beberapa hari Anda tak cukup tidur, maka Anda harus “membayar” waktu tidur Anda. Tidur lah lebih cepat. Bila beberapa hari terakhir Anda baru tidur pukul 01.00, maka hari ini usahakan sudah masuk ke kamar pukul 21.00. Lupakan saja buku yang sedang Anda baca, atau acara TV yang biasanya tak ingin Anda tinggalkan.

4. Minum teh. Siapkan teh herbal yang berguna untuk relaksasi. Lavender atau chammomile bisa Anda coba.

5. Main dengan anak. Banyak orang yang sengaja meminta kepada pasangan di rumah untuk tidak membiarkan putra atau putri mereka terlelap lebih dulu saat mereka tiba di rumah. Bermain bersama anak dapat melupakan stres Anda. Namun bila si kecil sudah keburu tidur, atau jika Anda belum punya momongan, bermain lah dengan piaraan Anda.

Bagaimana, mau mencoba?

din (http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/02/02/13552384/5.cara.relaksasi.usai.bekerja)
Sumber : Sheer Balance

1 comment so far

  1. wira jaka on

    wah … benar nih, perlu bermain dengan anak2 dulu, hanya saja kalau mereka sudah tidur, piaraanku tinggal diluar kota ….😀

    mnrp:
    piaraan? weleh2… apa ya maksudnya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: