Pengaruh IQ Pada Kualitas Sperma

Benarkah pria yang ber-IQ tinggi memiliki kualitas sperma yang lebih baik?
Oleh : Irma Kurniati, Mutia Nugraheni
(doc Corbis)

VIVAnews – Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, apakah tingkat intelegensi bisa berpengaruh pada kualitas sperma. Beberapa peneliti dari King’s College, London, melakukan penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara tingkat IQ dengan kualitas sperma.

Menurut Rosalind Arden, salah satu peneliti, kualitas sperma bergantung pada faktor kesehatan tubuh dan mental. Faktor-faktor tersebut terdiri dari intelektualitas, kepribadian, dan kecakapan. Jadi, intelektualitas salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang menentukan kualitas sperma.

Pada 1985, pemerintah Amerika Serikat pernah melakukan penelitian yang dinamakan Vietnam Experience Study. Penelitian tersebut mengambil sampel dari para tentara Amerika yang pernah berperang di Vietnam. Sebelum berangkat perang, mereka menjalani banyak sekali tes kesehatan termasuk pengambilan sampel sperma. Kemudian Arden dan tim peneliti menggunakan data tersebut untuk meneliti hubungan IQ dengan kualitas sperma.

“Pria dengan yang cerdas dengan IQ tinggi memang cenderung memiliki sperma berkualitas,” ujar Arden.

Namun ia menambahkan, intelegensia bukanlah satu-satunya faktor penentu kualitas sperma yang baik. Sperma merupakan gen yang terdiri dari berbagai faktor. Sperma yang baik adalah sperma yang memiliki buntut yang panjang dan berbentuk oval. Dengan bentuk seperti itu, sperma akan lebih cepat menuju ovum dan proses pembuahan berjalan dengan sempurna.

Menurut Arden, untuk mendapatkan sperma yang baik, seorang pria harus mengonsumsi banyak makanan yang mengandung selenium, zinc dan asam folic.

Faktor kesehatan mental dan pikiran juga sangat berpengaruh pada produksi sperma yang berkualitas. Selain itu, pola hidup menjadi penentu juga amat menentukan. Konsumsi minuman beralkohol dan rokok bisa menurunkan kualitas sperma karena berdampak pada berkurangnya nutrisi untuk sperma.

Penerapan pola hidup sehat adalah cara cerdas meningkatkan kualitas sperma. Selain konsumsi makan sehat, ajak pasangan Anda berolahraga teratur. Hal itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sperma.

• VIVAnews
———-
hhhmmmm.. jadi..IQ bukan jaminan.. jadi ingat sebuah pesan pak guru dulu.. belakang pisau pun jika sering diasah akan tajam.. setajam2nya pisau bayonet prajurit akan jadi tumpul dan berkarat bila tidak pernah digunakan..

2 comments so far

  1. senopatiarthur on

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam blogger!
    http://seksologi.infogue.com/pengaruh_iq_pada_kualitas_sperma

  2. p'tr Leem on

    Saya masih bingung hubungan antara sperma dan inteligensi………..

    Terlepas dari hal di atas, saya amat bingung
    Dengan anggapan jika sering onani, dapat mengurangi tingkat intelegensi……….

    hal di atas amat bagus untuk motivasi dalam hal menghindari hal-hal bodoh yang dapat merusak kehidupan sex kelak…….

    mnrp:
    mudahnya begini, jika sering onani berarti fokus perhatian adalah ke hal2 sex terus..
    sementara untuk masalah lain (co: belajar, bergaul dsb) jadi berkurang..
    nah orang yang kurang belajar dan gak gaul cenderung makin oon..
    tulga?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: