Archive for Januari, 2009|Monthly archive page

Tingkatkan Fertilitas Wanita dengan Diet Kesuburan

setelah disajikan ttg diet kesuburan untuk pria, maka kali ini adalah diet kesuburan untuk wanita.. dicatet yuk dicatet.. jangan lupa dipraktekkan.

1. Daging dan alternatifnya.
Berbagai daging, unggas dan ikan, telur, kacang-kacangan (kacang polong atau kedelai), kacang tanah dan biji-bijian seperti biji bunga matahari atau labu.

2. Buah dan sayuran, terutama yang mentah. Makanan segar lebih baik dari yang beku. Namun, makanan beku masih lebih baik dari makanan kalengan. Jus buah atau sayuran, buah kering, kismis, kurma atau buah ara.

3. Roti dan sereal.
Pilihlah yang tidak diolah, seperti roti, bubur, makanan kering dari biji-bijian atau gandum, spageti, dan beras merah.

4. Susu dan produk olahannya.
Yogurt termasuk salah satu produk olahan susu. Pilihlah yang alami dan tanpa gula. Keju juga termasuk salah satunya. Hindari keju olahan dan keju oles, karena telah bercampur dengan bahan lain.

Dari empat kelompok makanan itu, pilihlah yang belum disuling seperti nasi, roti, sereal dan krispi biji-bijian, atau wholewheat pasta. Pilih juga makanan segar seperti sayur-sayur baru setiap hari. Hal ini sebenarnya sudah menjadi pengetahuan umum, namun banyak orang tak menerapkannya.

Telur merupakan sumber protein terbaik. Jika anda ingat telur adalah benih anak ayam yang tak jadi, maka di dalamnya sudah terkandung nutrisi bagi pertumbuhan anak ayam. Nutrisi itu sama dengan zat yang diperlukan guna menambah kesuburan manusia.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dari tanaman sangat bagus. Kacang polong kering lebih baik dari kacang beku. Namun, kacang beku lebih baik ketimbang kacang kaleng. Bila anda bukan vegetarian, usahakan mengkonsumsi ikan sekali seminggu, tanpa membatasi jenisnya. Ikan herring, makerel, sprat, sardine, dan tuna sama bergizinya dengan jenis ikan yang lebih mahal seperti trout dan salmon. Ikan coley juga sama baik dengan ikan cod atau haddock.

Nutrisi lain yang penting adalah vitamin B. Kekurangan asam folic, B6 dan B12 berpengaruh pada kesuburan. Wanita yang mengalami anemia juga cenderung berkurang kesuburannya. Pada kasus ini, suplemen zat besi dapat mengembalikan fertilitas. Wanita yang sangat kurus (bisa juga dialami atlet seperti pelari jarak jauh) sering terganggu siklus menstruasinya.

Makanan yang dihindari
Sebisa mungkin hindari makanan olah dan mengandung bahan-bahan tiruan. Makanan ini mencakup keju olahan, beberapa jenis daging olahan (sosis dan ham), makanan beku, serta makanan kalengan dan kemasan lain. Sesuai peraturan perundangan, kandungan yang ada dalam makanan itu harus tercantum dalam kemasan. Jadi biasakan untuk membacanya.

Gunakan sedikit mungkin makanan kalengan, hanya dalam keadaan darurat saja. Dari sekian jenis makanan kalengan, carilah yang paling sedikit perubahan kandungan gizinya akibat proses pengalengan, seperti ikan tuna dan sardine, tomat, dan nanas. Bila membeli buah-buahan lain, pilihlah yang dikalengkan dalam jusnya sendiri, jangan yang hanya memakai sirup kental.

Sebaiknya gunakan sesedikit mungkin sayur kalengan, snack asin kacang dan minyak terhidrogenasi. Hindari pula roti putih, tepung putih (kecuali kadang-kadang saja, itu pun dicampur dengan tepung biji-bijian). Juga jangan banyak memakan makanan dari tepung, seperti kue, dan biskuit, campuran kue, pudding instan, serta sereal manis. Susu kalengan juga kurang baik. Jika memungkinkan, minumlah susu murni.

Buah arbei selama ini juga dikenal sebagai makanan penambah kesuburan. Buah ini merangsang pertumbuhan kelenjar di bawah otak yang memproduksi hormon progesterone selama minggu kedua siklus haid. Buah arbei sendiri tak mengandung hormon.

Sebenarnya untuk menambah hormon tersedia krim progesterone alamiah (terbuat dari sari ubi rambat) digunakan pada kemaluan wanita. Ada juga yang berbentuk serum. Krim ini bisa membantu jika hormon progesterone di tubuh menurun pada minggu kedua siklus haid. Krim digunakan 12 hari sebelum menstruasi sebanyak seperempat sendok teh. Namun, untuk amannya, lebih baik diskusikan dengan dokter anda.

Terpenting, hindari kafein. Zat ini menyebabkan berkurangnya kesuburan wanita. Sebuah studi di AS pernah menemukan, penurunan fertilitas terjadi saat wanita minum empat gelas kopi per hari. Kafein mengurangi kandungan darah dalam hormon prolactin. Rendahnya hormon prolactin berasosiasi dengan rendahnya fertilitas. Sebaliknya, jika hormon ini terlalu tinggi kadarnya juga tak baik. Tingginya kadar hormon prolactin dipengaruhi konsumsi alkohol berlebihan, sehingga siklus haid terganggu.

Pada dasarnya diet untuk menambah kesuburan sama dengan diet pada umumnya, rendah lemak, cukup protein, memperbanyak buah, sayur, dan padi. Selain menghindari kopi, alkohol, dan rokok, lakukan juga olahraga teratur, menghindari stress, dan memilih waktu untuk hamil yang tepat. Kuncinya, terapkanlah dengan teliti dan teratur. Mudah-mudahan sang buah hati segera menghiasi hari-hari anda.

Iklan

Tingkatkan Fertilitas Pria dengan Diet Kesuburan

Sebuah penelitian tentang kesuburan pria menyatakan bahwa diantara para pasangan yang tidak subur, 30% nya bersumber pada masalah reproduksi pria. Kesuburan pasangan suami-istri biasanya baru bisa terdeteksi setelah setahun usia perkawinan mereka, dimana sang istri tak kunjung hamil. Disaat inilah kemudian banyak pasangan yang mencoba berbagai metode untuk memperoleh keturunan diantaranya yaitu dengan meperhatikan masa subur istri, bedah, pembuahan buatan, vitro fertilization bahkan menggunakan teknik yang paling mahal sekalipun seperti GIFT dan ZIFT (gamete/zygote intrafallopian transfer).

Selain cara- cara diatas bagi para pasangan suami istri yang hendak meningkatkan kesuburan mereka, bisa juga melalui cara sederhana yaitu dengan pengikuti diet kesuburan. Berdasarkan penelitian, kesuburan seseorang, terutama pria serta kegagalan kehamilan pada wanita berhubungan dengan masalah vitamin dan kurangnya nutrisi. Yang disebut diet kesuburan disini adalah pola makan yang sesuai dengan pantangan dan anjuran nutrisi yang berguna untuk meningkatkan kesuburan.

Evaluasi Sperma
Kesuburan pria juga ditentukan dari kualitas dan kuantitas spermanya, dan untuk mengukur tingkat kesuburan seseorang dibutuhkan evaluasi keefektifitasan sperma. Ada tiga cara yang biasa dipakai untuk mengevaluasi keefektifitasan sperma, yaitu:

  • Count, atau banyaknya jumlah sperma didalam semen. Jumlah normal sperma pada laki-laki yaitu 20 juta per milimeter, kurang 5 juta saja sperma sudah bisa disebut kekurangan, sangat mungkin pula sperma tidak terdapat sama sekali dalam semen.
  • Motility, yaitu kegesitan sperma, atau seberapa baiknya sperma bergerak. Dihitung sebagai presentase banyaknya sperma yang bergerak langsung ke sel telur pada wanita. Sedikitnya 50% sperma harus terlihat pada pergerakan tersebut.
  • Morphology, atau bentuk sel sperma. sedikitnya 14% sperma harus sudah terbentuk dengan normal saat menuju sel telur yang akan dibuahi.

Faktor signifikan lainya adalah kecerdasan DNA pada sel sperma. Cara mengukurnya adalah dengan melakukan tes SCSA (sperm chromatin structural assay).

Pantangan
Berikut beberapa jenis makanan atau suplemen yang dapat menurunkan performa sperma anda, diantaranya:

  • Rokok, rokok dapat menyebabkan menurunnya kuantitas sperma, sekaligus menurunkan kegesitan sperma dan membuat sperma tidak terbentuk sempurna.
  • Mariyuana, mariyuana dapat mengurangi produksi hormon di otak, yang nantinya dapat mengurangi tingkat testosteron dan produksi sperma.
  • Anabolic steroids. Zat ini bisa menyebabkan absennya prosuksi sperma pada semen.
  • Saw palmetto. Herbal suplemen yang pada iklan mereka menyatakan obat tersebut berguna untuk masalah prostat dan kesuburan, namun pada kenyataannya obat ini justru berfungsi memblokir testosteron dam mengurangi produksi sperma.

Selain zat-zat diatas, alkohol juga menyebabkan masalah pada produksi sperma namun efek racun dari alkohol belum terdeteksi dengan jelas. Alkohol mungkin tidak terlalu berbahaya bagi keseburan pria dibanding rokok dan obat-obat terlarang lainnya, namun ada baiknya anda berusaha untuk mengurangi atau bahkan menghentikan sama sekali mengkonsumsi alkohol.


Zat-zat yang berguna bagi kesuburan pria

Diluar zat-zat merugikan diatas, terdapat pula beberapa zat yang berguna bagi kesuburan pria. Zat-zat inilah yang mendukung peningkatan kuantitas dan kualitas sperma, diantaranya:

  • Vitamins C dan E. Vitamin C berfungsi sebagai anti oksidan, merupakan zat yang berguna untuk melindungi DNA sperma. Namun sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsinya melebihi batas RDA (recommended daily allowance), karena mengkonsumsi vitamin C dalam dosis berlebih justru dapat menyebabkan masalah kesuburan pada pria dan wanita. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin C tinggi diantaranya citrus, brokoli, kentang(degan kulitnya), strawberry, dan Hari. Sementara makanan yang mengandung vitamin E tinggi yaitu minyak gandum dan almond.
  • Selenium. Meski menurut beberapa ahli mengkonsumsi selenium dapat berguna bagi kesuburan pria, namun beberapa ahli lain tidak menyarankan mengkonsumsi selenium maupun suplemen kesehatan lainnya. Selenium banya ditemui pada tepung gandum dan brokoli.
  • Zinc. Kadar Zinc tertinggi pada pria terdapat pada testis dan prostat. Konsumsi Zinc pada pria yang tidak subur terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma dan tingkat kegesitannya. Sumber Zinc pada makanan terdapat pada kerang-kerang laut, daging merah, unggas, kacang-kacangan, kacang tanah, dan biji-bijian.
  • Arginine bermanfaat untuk membantu meningkatkan jumlah sperma dan kegesitannya. Kebanyakan ditemui pada kacang tanah.
  • L-Carnitine, yaitu asam amino yang banyak ditemui di daerah epididymis, tempat dimana sperma akan mencapai kematangan maksimal. Pada pria-pria yang tidak subur kadar L-Carnitine dalam tubuhnya biasanya rendah. Konsumsi L-Carnitine secara rutin dapat memberi efek positif bagi kesuburan pria. Meski beberapa suplemen kesehatan banyak memasukan L-carnitine dalam kandungannya, namun anda disarankan hanya mengkonsumsi carnitine yang sesuai standar kesehatan saja.

Jadi, sebelum anda melakukan berbagai macam pengobatan dengan biaya yang cukup mahal untuk meningkatkan kesuburan anda, tak ada salahnya anda mencoba diet kesuburan diatas, yang relatif aman dan murah. Konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu sebelum anda melakukan diet kesuburan.


(Source: http://www.babyzone.com)
dikutip dari : http://www.kafebalita.com/content/articles/read/2008/10/tingkatkan-fertilitas-pria-dengan-diet-kesuburan/545

kalo da gini, mo bilang apa

rekan2.. masih ingat ttg pemberitaan (dan juga post di blog ini) ttg gagalnya konser jeung rohanna ech rihanna di Jakarta tempo hari?
ntah karena gosip (ada banyak gosip) atau memang karena kendala teknis akhirnya konser dibatalkan. tapi di Peb 2009, jeung rihanna akan datang lagi.. kali ini dengan full power n preparation.. tampaknya promotor gak mau lagi dihadang dengan gosip2 yang bikin ketar ketir plus menjaga nama baik operator GSM yang baik itu (tau donk apa yang dimaksud :D)

berkaca pada isu sentral ttg ormas yang mo obrak abrik karena alasan pornografi, akhirnya tim rihanna bongkar konsep dan walaaahhh…

lampu hijau di malingsia..
baca artikel berikut:

Baca lebih lanjut

akhirnya foke kerja juga…

heuheuhe.. sorry nih, bukan bermaksud melecehkan foke tetapi untuk kali ini kerjanya keliatan juga.. mesti disorot televisi dan masuk dalam blog baru bisa dikatakan kerja.. soalnya kalo cuma cuap2 di gedung pemda, gue juga bisa (komat kamit maksudnya). di blog ini sudah sekian post yang menghina mengkritisi kinerja si oom kumis ini.. bagus lah kalo oom kumis membacanya tetapi gue bukannya mo ge-er, rasa2nya oom kumis baru kerja kalo sudah “ditampar” sama media massa nasional.

kenapa judulnya “akhirnya foke kerja juga” ? hehehehe sebenarnya bukan jebakan tetapi ini keluh kesah sebagai warga DKI Jakarta yang sudah muak dengan kinerja pemprov yang makin memble.. katanya ahli tetapi kok cupu n amatiran gitu si? heuhuehhuehuehue…

ini berita baru!
silahkan simak yang ini (http://www.liputan6.com/ibukota/?id=172146)

30/01/2009 07:25 – Lingkungan
Foke Kecewa Kebersihan Monas

Liputan6.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo marah saat menggelar inspeksi mendadak fasilitas umum dan kebersihan di sekitar taman Monumen Nasional, Kamis (29/1). Foke geram saat melihat lingkungan Monas kotor dan ada fasilitas umum yang hilang. Walikota Jakarta Pusat, Sylvana Murni, menjadi tempat melampiaskan kekesalannya.

Foke juga sempat menanyakan izin penggunaan lapangan futsal. Namun karena tidak ada yang bisa menjawab, ia akhirnya berfoto bersama anak-anak yang sedang bermain untuk meredakan kekesalannya. Peninjauan ini awalnya untuk melihat sistem drainase di Monas. Saat hujan deras beberapa waktu silam, kawasan ini yang seharusnya menjadi lahan serapan justru tergenang.(YNI/Tri Wibowo)

itu baru berita.. gmana kalau disajikan videonya?
sok atuh disimak videonya
(cara posting video gmana si?)

duh kasian deh ibu walkot jakarta pusat kena omel.. padahal kalo gak salah beberapa waktu yang lalu baru bersih2 monas.. yaa terang saja bu kena omel, yang dibersihin baru altar monasnya tetapi taman2nya masi penuh dengan sampah…

thx untuk liputan6.com.. semoga “tamparan” ini membuat kinerja oom kumis makin bertaji.. jangan kalah dengan kumis yang makin tebal itu oom..

B&M – Breakfast Club

kali ini mo gaya2an dengan bahasa Inggris.. Breakfast Club.. kalo diartikan berarti klub sarapan pagi. tapi apakah demikian adanya?

oo ternyata bukan sodara2.. ini hanyalah nama sebuah acara televisi yang jauh panggang dari api.. isinya bukan acara makan pagi bersama tetapi bincang2 yang ringan namun bergigi (apa iya?)

duo benny dan mice diundang untuk hadir pada breakfast club.. lihat saja bagaimana ekspresi mereka ketika diundang serta persiapan2 apa yang mereka perbuat sebelum datang di breakfast club..
(kompas 25 Jan 2009)

Baca lebih lanjut

welcome to Jakarta Waterfront City

heuehheuheuhe….
jakarta diguyur hujan terus nih… dan seperti biasanya… jika sering turun hujan maka Jakarta akan kebanjiran.. duh kasian dech hidup di jakarta.. sudah kena macet, kena banjir, biaya hidup mahal banyak pungli.. kok ga ada perubahan yaa?

ya sudah jangan bersedih, mari kita hibur diri kita dengan kartun dari oom pasikoom berikut ini.. diambil dari kompas tanggal 27 Jan 2009

Baca lebih lanjut

Be Wise At Foreplay

Hasrat birahi memang selalu menyesatkan setiap insan, tak ada yang mampu menjauhi dan menghindar ketika bara asmara sedang menyerang. Tak perlu meragu bahkan untuk mengakui hal ini, karena memang sangat sulit untuk menghempaskan diri dan mulai menjadi penguasa pikiran pribadi.

Tuntunan gairah memang selalu menghendaki Anda untuk bersikap liar dan spontan, selain karena menyenangkan, keliaran dan spontanitas sulit diterka, pun menambah bumbu percumbuan. Tetapi, resiko dari percumbuan macam ini ialah lebih cepat mencapai ejakulasi, sekaligus menghilangkan kesan yang mampu tersimpan dalam pikiran.
Baca lebih lanjut

lebih jauh dengan Barrackberry

Obama yang merupakan salah satu dari BlackBerry’s addict tetap ingin menggunakan BlackBerry’nya untuk piranti komunikasinya. Namun Staf Gedung Putih melarang Obama menggunakan BlackBerry’nya karena alasan keamanan. Untuk itu Obama dihadiahi “BarackBerry” atau Sectera Edge (nama resminya) merupakan produk pengembangan dari General Dynamics yang merupakan perusahaan penyedia sistem pertahanan dan layanan untuk Amerika Serikat. Jadi ponsel ini bukan buatan BlackBerry. Nama “BarackBerry” diambil sebagai plesetan dari BlackBerry yang merupakan ponsel favorit Obama..

nih..biar pada ngga penasaran kaya apa yang namanya “BarackBerry”

Baca lebih lanjut

sekilas lintas ttg Barrackberry

barry-pose“BlackBerry” Presiden Amerika Serikat Barak Obama ternyata harganya mencapai US$ 3.350 (sekitar Rp 36,8 juta). Ponsel ini mahal harganya karena Gedung Putih memakai pengaman khusus. Gedung Putih memang tak mengizinkan Obama memakai BlackBerry biasa. Ponsel ini memiliki pengamanan atau enkripsi khusus, sehingga tak mudah untuk dibobol.

“Kalau menggunakan BlackBerry biasa, posisi presiden bisa diketahui musuh, karena pada BlackBerry dilengkapi dengan peranti GPS. Bila ponsel ini dibobol dari jarak jauh, posisi Presiden juga ketinggian lokasinya bisa bocor,” kata seorang petugas keamanan dalam wawacara dengan CNBC.

Ponsel khusus ini disebut “BarackBerry”. Seperti ditulis blogger Marc Ambinder untuk majalah The Atlantic, ponsel ini punya pengaman khusus untuk percakapan via telepon maupun pengimin dokumen.

Sistem pengaman “BarackBerry” ini memakai teknologi Sectera Edge keluaran General Dynamics. Sectera Edge adalah kependekan dari Secure Mobile Environment Portable Electronic Device.

Sistem pengaman seperti itu juga telah dibuat oleh pemerintah Indonesia. Sistem itu dikembangkan oleh polisi bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Ponsel yang tak bisa disadap harganya Rp 100 juta.

source: tempo interaktif

ada yang berminat? lumayan tuh 36,8juta… gadget sekelas presiden.. muantap kan.. tapi sadar dulu nih.. situ presiden? atau situ orang sibuk sampe2 perlu barracberry?

7 Rahasia Wanita

Setiap wanita pasti punya rahasia, dan inilah rahasia umum yang disembunyikan wanita dari pasangannya.

1. Harga asli lebih mahal
Jujur saja, wanita sangat menikmati acara belanja. Apalagi kebanyakan dari kaum wanita memang tak bisa menahan diri saat musim sale tiba. Sadar kebiasaan ini bisa memicu perdebatan dengan pasangan, banyak wanita yang memilih menyembunyikan harga sebenarnya dari barang-barang yang dibeli.

2. Sering memikirkan tentang seks
Bukan cuma pria yang suka memikirkan tentang seks, wanita juga, hanya bedanya yang ada dalam fantasi wanita adalah pasangannya. Sayangnya, di malam hari terkadang kaum hawa ini terlalu lelah dan kehabisan energi untuk mewujudkan fantasinya.

3. Takut komitmen
Memang benar bahwa wanita sering memimpikan pernikahan yang romantis, serba putih, dan bersanding dengan pangeran tampan. Tapi, wanita juga tak berbeda jauh dengan pria, mereka juga cemas dan takut saat memikirkan komitmen. Segala hal yang menimbulkan ketidak pastian memang membuat hati ragu. Apakah pria ini akan jadi suami yang baik, apakah pernikahan kami akan bahagia, dan sederet keraguan lainnya langsung hinggap di kepala saat membicarakan tentang pernikahan.

4. Tetap butuh bantuan
Wanita masa kini memang lebih modern dan mandiri, tapi bagaimana pun juga dalam hati kecil setiap wanita membutuhkan bantuan dan perlindungan dari pasangannya. Membetulkan mobil yang mogok, memiliki pengetahuan yang luas, atau sekadar membawakan tas, sudah membuat wanita merasa lebih feminin dan aman bersama si dia.

5. Ingin dicemburui
Rasanya setiap wanita ingin diperhatikan oleh pasangan dan sedikit dicemburui. Hal itu akan membuat wanita merasa menjadi orang yang dibutuhkan dan disayangi pasangannya. Itu sebabnya, saat ada pria lain memuji kecantikan, kami berharap pasangan mengetahuinya dan memperlihatkan rasa cemburu.

6. Curhat pada sahabat
Pada sahabat kita leluasa bercerita tentang berbagai hal, tapi tak semua hal dibuka begitu saja. Ada hal-hal tertentu yang tetap kami simpan sendiri terutama yang sifatnya sangat pribadi, misalnya kesedihan suami saat orangtuanya meninggal, dan sebagainya.

7. Suka pada hal-hal romantis
Setiap wanita pada dasarnya menyukai hal-hal yang romantis atau sesuatu yang bisa menimbulkan sensasi bahagia, seperti saat sedang jatuh cinta. Makanya, untuk mengulang sensasi jatuh cinta ini, kebanyakan wanita adalah penggemar film-film cinta atau komedi romantis.
AN

(http://kompas.com/index.php/read/xml/2009/01/21/13042735/7.rahasia.wanita)