bisnis baru, jualan kurma (1 kilo 750rb)

pusing2 gak punya penghasilan tetap? nih ada ide bisnis keren. jualan kurma nabi. kenapa mesti kurna nabi? karena harganya mencapai 750rb per kilo. itu duit semua loh.. halal pula.. gmana? tertarik? simak berita ini

Kurma Nabi Rp 750.000/Kg
Kamis, 30 Oktober 2008 | 06:46 WIB

JAKARTA, KAMIS – Bagi umat Islam yang berangkat haji, rasanya kurang afdal bila kembali ke Tanah Air tanpa membawa oleh-oleh. Padahal, mereka mustahil membeli oleh-oleh di Tanah Suci sebanyak mungkin karena akan kena biaya tambahan untuk kelebihan bagasi pesawat. Salah satu solusi dari kondisi tersebut adalah membeli makanan dan pernak-pernik khas jazirah Arab, termasuk kurma, di Jakarta.

Beberapa toko di Tanahabang, Jakarta Pusat, menawarkan kurma dengan harga antara Rp 25.000 hingga Rp 40.000 per kilogram. Sementara itu, di toko Bateel di Senayan City, Jakarta Pusat, ada kurma yang dijual dengan harga Rp 750.000/kg. Toko di lower ground Senayan  City ini tak terlalu menonjol karena terletak di pojokan. Namun, bila kita bertanya ke para karyawan toko di lantai tersebut, mereka akan segera menunjukkan letak toko Bateel.

Toko Bateel dikenal sebagai toko yang menyediakan berbagai jenis kurma kualitas terbaik yang harga per kilogramnya mencapai ratusan ribu rupiah. Dan, terbaik dari yang terbaik itu adalah kurna azwa atau kurma Nabi. Kurma jenis ini dibanderol Rp 750.000/kg. Satu kilogram kurma Nabi terdiri atas 130-140 buah kurma.

Menurut Leni, penjaga toko Bateel, kurma Nabi mahal karena kurma itu hanya tumbuh di Madinah sedangkan kurma jenis lain bisa tumbuh di mana saja. “Yang lebih unik, konon, kurma ini pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad SAW, makanya jadi mahal,” katanya, Rabu (29/10).

Konsumen kurma azwa, kata Leni, berasal dari berbagai latar belakang. Meski demikian, yang pasti mereka penikmat kurma yang berkantong tebal. “Penjualannya lumayan, seminggu bisa laku lima hingga 10 kilogram,” ujarnya. Toko Bateel hadir di Senayan City sejak April 2007. Toko dengan sistem franchise dari jaringan Bateel yang berpusat di Dubai ini mengkhususkan diri pada penjualan kurma dan produk turunannya seperti kue kering dan sirup. Ini sesuai dengan arti kata bateel yakni tunas pohon kurma.

Pesan kurma

Puncak ibadah haji atau Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 8 Desember 2008 sudah semakin dekat. Sejumlah pedagang kurma di Tanahabang pun telah mendapat pesanan. “Yang mencari mulai ada. Yang pesan juga sudah ada. Tapi belum terlalu banyak. Mungkin seminggu menjelang Lebaran Haji, baru ramai,” ucap Hasbullah, pedagang kurma di Tanahabang, Senin (27/10).

“Ada yang beli untuk disimpan. Yang pesan juga lumayan banyak. Mereka juga sudah membayar uang muka. Umumnya oleh-oleh itu baru diambil ketika mendekati Lebaran Haji. Mereka juga sudah membayar uang muka,” kata Achmad, juga pedagang kurma di Tanahabang.

Selain kurma, air zamzam, kacang arab, dan kismis juga banyak dipesan. “Kalau sekarang ini, yang banyak dibeli adalah air zamzam. Setiap hari bisa laku 20 kantong (satu kantong = 10 liter),” kata Achmad. Menurut kedua pedagang ini, pembelian kurma dan air zam-zam dilakukan jauh-jauh hari sebelum puncak ibadah haji agar mendapat harga lebih miring. Jika sudah mendekati Lebaran Haji, harga barang-barang tesebut bisa menjadi dua kali lipat dari harga pada hari biasa.

Sebagai contoh, air zamzam saat ini dijual Rp 200.000/kantung isi 10 ltr. Ketika sudah dekat Lebaran Haji, harga sekantung air zam-zam itu bisa menjadi Rp 450.000. Para pedagang juga mengaku sudah meningkatkan stok untuk mengantisipasi peningkatan permintaan.

____________________

Harga Oleh-oleh Haji di Tanahabang
• Kurma madinah     Rp 25.000/kg
• Kurma saudi     Rp 25.000/kg
• Kurma mesir     Rp 25.000/kg
• Kurma tunisia     Rp 40.000/kg
• Kurma madu     Rp 35.000/kg
• Kacang arab     Rp 35.000/kg

Harga Kurma di Toko Bateel
• Kurma madjool     Rp 500.000/kg
• Kurma khidri caramelized pecan Rp 400.000/kg
• Kurma barli     Rp 250.000/kg
• Kurma kholas     Rp 400.000/kg

sumber : http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/30/0646009/Kurma.Nabi.Rp.750.000Kg…….

gmana? ok kan tuh…

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: