Chevron lagi, Chevron lagi

hauyo… apa yang terlintas dari judul blog ini? sebuah kegundahan dan rasa sebal ketika mendapati berita dari Petromindo.com kalo Chevron mendapatkan 2 blok oil & gas. Emang sih lokasinya nun jauh disana tetapi kembali menyeruak rasa penasaran, ada apa disana?

Blok yang dimenangi oleh Chevron adalah West Papua I dan III. Kedua blok tersebut adalah masuk dalam kategorin Onshore. hayoo ada apa dengan Papua?

Masih hangat berita2 di koran dan televisi mengenai adanya usaha untuk melakukan pencabutan referendum yang dilakukan oleh rakyat Irian Jaya. belum lagi ada usaha untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. ech dapet kabar seperti ini. kok bisa yaa?

pertanyaannya adalah kenapa Chevron lagi yang mendapatkan tu blok? emangnya perusahaan nasional gak ada yang bisa yah? jawabannya bukan bisa atau tidak bisa, melainkan siapa yang modalnya lebih besar. tentunya modal Chevron lebih besar ketimbang perusahaan nasional. tapi bukankah ada kesempatan yang lebih besar bagi perusahaan nasional dalam tender blok. yah gak tau dech apa yang terjadi dalam proses bid tender.

selain Chevron, ConocoPhilips pun juga menang. dan tebak, lagi2 di Papua.. tepatnya offshore Arafura. gilee.. papua lagi laris nih..

udah gitu aja si, isi unek2 gue.. maaf gak bisa kasi liat detail beritanya. masuk kategori confidential

2 comments so far

  1. yolanda on

    saya mahasiswa aka bogor,ada refrensi tentang mud gk?lagi butuh nich untuk mencari literatur bwat tugas akhir yang berjudul optimasi penambahan NaOH terhadap kualitas lumpur berbahan dasar air (water based mud)

    mnrp:
    nti yaa akan gue tanya2 ma bagian drilling..

  2. syaiful on

    salam kenal apa kabar

    mnrp:
    salam kenal balik 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: