Suara Perempuan ‘Sensual’ Saat Subur

(istimewa)

INILAH.COM, Paris – Seorang perempuan meningkatkan nada suaranya selama masa tersubur setiap bulan, sehingga secara tak sadar kewanitaannya kian tampak.

Hasil penelitian itu disiarkan jurnal Inggris Biology Letters.

Dua ilmuwan di Universitas California di Los Angeles (UCLA) mengajukan pertanyaan kepada 69 perempuan untuk merekam suara saat mereka dalam puncak kesuburan dan ketika berada di titik rendah fertilitasnya menurut siklus menstruasi.

“Kian dekat seorang perempuan ke periode ovulasi, semakin meningkat pula nada suaranya,” kata peneliti.

Meningkatnya nada suara seorang perempuan hanya terdengar samar, namun puncak peningkatan cukup memadai untuk direkam atau boleh jadi didengar telinga kaum pria.

Bedanya, peningkatan terbesarnya muncul pada dua hari menjelang ovulasi, saat kesuburannya dalam siklus tertinggi.

Para ilmuwan berpendapat perubahan nada terjadi karena kaum pria terpikat oleh suara yang lebih ‘feminin’ dan kaum perempuan menanggapinya dengan naluri.

Sinyal seksual dan kebugaran reproduktif terkait erat dengan suara. Oleh karena itu, tak heran jika perempuan tertarik pada suara besar dan kuat, yang biasanya dimiliki pria dengan pembawaan menarik atau memiliki rasa percaya diri maskulin yang kuat.

Riset sebelumnya menemukan perubahan dalam aroma tubuh, peningkatan kegenitan, suatu perubahan menuju gaya busana yang lebih mengikuti mode dan meningkatnya rasa senang kepada pria yang lebih ‘maskulin’ pada siklus pertengahan.

Tanda-tanda ini semakin tampak pada para penari di berbagai bar atau klub malam, yang tentu saja berpakaian seksi, pada masa subur mereka.

“Sebaliknya, perubahan vokal menuju ke suara parau ditemukan pada saat menstruasi,” kata Greg Bryant dan Martie Haselton, dari Pusat Tingkah Laku, Evolusi dan Budaya universitas itu. [AFP/L1]

sumber: http://www.inilah.com/berita/gaya-hidup/2008/10/10/53964/suara-perempuan-sensual-saat-subur/

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: