ketika mama sakit

sakit bisa diartikan sebagai sebuah peristiwa lumrah yang mungkin dialami oleh setiap manusia yang bernyawa. entah sakit itu dapat dilihat (mis: luka) atau yang tidak dapat dilihat (mis: sakit kepala) namun kesemuanya itu dapat dirasa. sakit terkadang bukan lah sebuah hal yang dihindari. ia datang dan pergi (terkadang) tanpa permisi. bahkan untuk beberapa gelintir orang, rasa sakit dicari2 (entah dengan alasan apa).

jika kita mau telisik lebih dalam, sakit itu adalah anugrah lo. kok bisa? karena dengan adanya rasa sakit berarti kita masi dapat merasakan dengan baik. sensor2 tubuh kita masi berfungsi dengan normal. dan, ada yang berpendapat bahwa sakit adalah sinyal dari Allah sang Penguasa bahwa Ia masih sayang kepada kita hamba-nya. sakit pun dianggap sebagai sebuah sarana penebusan dosa dan penanda banyaknya dosa. maka tidak heran jika ada orang yang sakit selalu berkata “dosa apa saya hingga sakit?”

kita cukupkan ttg prolog sakit.

sebagai anak, apa yang kamu rasakan ketika mendapat sms dengan berita sbb : “Nak, segera pulang mama sakit” panik, resah dan gelisah, tidak bisa konsentrasi, gak fokus, ingin segera menemui mama dan berjuta rasa lain yang tidak dapat dituliskan dalam kata2. ingin SEGERA pulang !

di usia yang semakin senja, sungguh wajar jika seseorang mulai didera rasa sakit atau penyakit. namun sebagai anak, selalu ada harapan agar mama selalu sehat. itu harapan nyata dari semua anak (kecuali anak yang durhaka). ingin mama selalu sehat, selalu tersenyum, ingin mama bahagia dan harapan selalu didoakan beliau untuk kebaikan kita sekarang dan masa yang akan datang.

mungkin kita tidak pernah tau bagaimana perasaan mama ketika mendapati kita sakit. pun jika kita tau, apakah rasa tersebut sama dengan yang kita rasakan ketika mendapati beliau sakit. tak terperikan rasa sakit yang pernah dan atau yang dirasakan mama ketika mengandung, melahirkan dan membesarkan kita. apakah kita mampu menebus rasa sakit tersebut. seumpama ada cara untuk menebusnya, apakah kita akan bersedia untuk menebus rasa sakit tersebut?

mendapati tubuh mama yang lemah karena didera rasa sakit, hati mana yang tidak luluh? air mata menetes tanpa diminta. badan lemas tiada tenaga. doa pun terpanjat untuk kesembuhan mama. dokter dihubungi, rumah sakit dikunjungi demi kesembuhan mama. semuanya demi kesembuhan mama. apakah sudah cukup?

Rasulullah pernah bersabda ttg persiapan yang lima sebelum yang lima datang (maaf tidak sesuai dengan hadits). salah satunya adalah sehat sebelum sakit.  jika saat ini mama anda masi sehat, luangkan waktu untuk berbincang dan bercanda dengannya. buat hatinya bahagia. luluskan semua permintaannya, besarkan hatinya. jangan kau kecewakan beliau. karena mungkin ini waktu2 yang tersisa sebelum mama sakit.

1 comment so far

  1. djaman on

    Bagus.
    terima kasih kemntarnya, semoga kita semua baik-baik saja, senantiasa menikmati kehidupan yang sehat, agar rasa kebahagiaan Kehidupan ini dapat kita nikmati bersama sekeluarga. jika mama sakit, semua dan seisi keluarga pasti merasakan penderitaan atau sakit perasaan.

    salam bahagia selalu

    mnrp:
    thx atas kunjungannya….
    mama adalah orang yang paling penting dalam susunan anggota keluarga 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: