resep – tengkleng

Tengkleng – Solo

Bahan:
4 sdm minyak sayur
3 butir cengkih
5 cm kayu manis
2 butir kapulaga
2 butir klabet
1 kg tulang iga kambing dan daging, potong kecil
1 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan
3 lembar daun jeruk purut
1 sdt asam Jawa, larutkan dengan air panas, saring
1 liter santan encer
250 ml santan kental

Bumbu, haluskan:
8 buah cabai merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 sdt ketumbar
1 sdt merica butiran
Ā½ sdt jintan
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 cm lengkuas

Cara membuat:

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.

Tambahkan cengkih, kayu manis, kapulaga, dan klabet. Aduk hingga
harum.

Masukkan daging kambing, aduk hingga kaku, dan berubah warna. Angkat.

Masukkan ke dalam panci, tuangi santan encer. Tambahkan serai dan
daun jeruk, masak di atas api kecil hingga mendidih dan daging empuk.

Tambahkan santan kental dan air asam. Masak kembali hingga berminyak
dan seluruhnya matang. Angkat.

Sajikan hangat.

Iklan

17 comments so far

  1. Jabricks on

    sebuah resep tengkleng yang ngawur karena tengkleng solo kagak pake santen….!

    mnrp:
    sebelumnya thx atas kunjungannya šŸ™‚
    perlu disampaikan bahwa setiap dapur mempunyai ciri khas masing2, termasuk dapur mnrp.
    jika anda menyatakan bahwa penggunaan santan dalam tengkleng solo adalah hal yang ngawur maka saya perlu pertanyakan kembali mengenai pernyataan ngawur tadi?
    apakah ngawur itu berarti menyalahi khittah dari tengkleng?
    apakah tengkleng solo tidak boleh ada santannya?

    AFAIK, adalah kebebasan dari tiap Raja Dapur untuk meracik makanan yang akan dihidangkan di meja makan.
    makanan tersebut menyesuaikan pada selera para pemilik lidah yang akan mencicipi makanan tersebut.

    soal resep adalah soal rasa dan citarasa serta kreasi Raja Dapur.
    rendang pun tidak selalu pedas bukan?

  2. Halim Sutrisno on

    Sebaiknya dalam memberikan komentar atau tanggapan mengenai apapun gunakanlah kata-kata yang sopan. disamping itu kita juga harus memberikan apresiasi kepada siapapun yang memberikan/menyajikan informasi ini yang tentunya bermanfaat bagi kita semua. soal makanan tentunya di samping yang standard tentunya ada yang berkreasi sesuai tuntutan selera misalnya gudeg di Yogya tentunya sangat berbeda citarasanya dengan yang ada di Jakarta.

    mnrp:
    terima kasih atas masukannya šŸ™‚

  3. maria on

    Aneh deh kalo bilang tengkleng solo nggak pake sante. seumur hidup di solo, kalo makan tengkleng selalu pake santen kok…

    mnrp:
    hehehe… yaa tau tuh.. tengkleng pake santan mah udah jamak

  4. binarso on

    saya orang solo asli..ibu saya jualan thengkleng..turun temurun..sampai sekarang.
    kalau masakan thengkleng itu pakai santan kelapa,tapi encer..!
    ada yg bilang sama dengan resep gulai ,,itu saya setuju ,hanya beda pada santan saja ,kalau gulai santanya banyak dan kental,tp kalau thengkleng santanya sedikit dan encer.
    maka thengkleng asli solo kuahnya berwarna putih kekuning-kuningan krn paduan antara kunyit dan santan tadi.
    oke……!

  5. Nunik on

    Bbrapa kali kami diundang seorg teman yg ngadain Pesta gathering dan minta dikirim Tengkleng langsung dr Solo(dr Sebuah Hotel terkenal) pengirimannya via Udara…. kebayang kan harganya brpa??? tp setimpal dg rasanya yg luar biasa mak’nyoooosss…. Sy prhatikan mmg bening gak pake Santan.. rasanya gurih segar… lain skli dg Gulai yg gurih tp “rich” serasa lemak semua krn agak kental…. ini yg sedang sy cari Resepnya… barangkali ada yg punya..?? boleh dong bagi2 resepnya…. TKS.

  6. ukik lukman on

    Gari nyokot we ribut wae.

  7. anis on

    Saya sudah coba resep tengkleng-nya dan sesuai dengan selera saya.. Terima kasih banyak.. Mohon ijin disharing web-nya di twitter ya.. šŸ™‚

  8. mnrp on

    @Nunik
    coba donk dishare hotel mana..siapa tau bisa kontak dengan kokinya.. šŸ™‚

  9. mnrp on

    @ukik lukman
    opo to?

  10. mnrp on

    @anis
    sip.. dipersilahkan..
    btw, kirimin donk hasil masakannya šŸ™‚

  11. Anonim on

    saya orang jawa timur yang tinggal di semarang…….kami sekeluarga jatuh cinta sama masakan tengkleng……biasanya disajilan pada acara hajatan, saya ingin masak tengkleng sendiri tapi kok ya..bingung…yang bener si Mr. tengkleng ini pake santan gak ya….soalnya kadang kami temukan tengkleng yang polos tanpa santan tp kadang pake santan tapi encer…….saya sich suka keduanya…..cuman penasaran aja……..makasih

  12. ukik lukman on

    mana nih si jabricks nggak nongol lagi … aku senang blog ini menjadi hidup, gara-gara ada mr.jabricks yang kontroversial … hidup tengkleng!!!

  13. Dyah on

    Nimbrung nengahi para komentator nih…. resep thengkleng boleh pakai santen atau tanpa santen, boleh pakai kapulaga boleh tidak, bisa pakai daun salam atau tidak pakai. Tapi soal rasa yang siip itu bagian dari rahasia penjual besar, tidak semua komponen bumbu dibuka untuk umum, bagi yang selera pedas misalnya cabai rawit merah dilukai jangan sampai terpotong.

  14. dahto on

    saya wong solo : Informasi yang saya ketahui masalah santan, memang memakai santan tetapi encer sekali, hanya bahannya yang saya tidak setuju, tetapi kalau tengkeng asli solo tidak dimodifikasi, yang benar bahan tengkleng terdiri dari kepala kambing, kaki kambing, iga kambing dan otak kambing yang dibungkus.
    Kalau gulai, ini solo ya, bahannya jeroan kambing, ini lain dengan daerah semarang.

  15. mnrp on

    terima kasih atas masukannya..
    diskusi yang sangat hangat rupanya.. šŸ™‚

    terkait mengenai adanya santan atau tidak, saya tetap meyakini dan merasakan bahwa tengkleng itu ada santan. banyak sedikit itu tergantung yang bikin, yang jelas tengkleng ada santan.

    ttg bahan, ya saya akui yang diatas sedikit modifikasi karena sulitnya mendapatkan bagian2 kambing tersebut.

  16. dedy oktavianus pardede on

    yg tengkleng di palembang ada 3 yang terkenal, tend di jl.Demang, simpang Polda n jl.Radial…
    Ada yg pakai santan, n yang terakhir enggak……
    Ada yg pakai cabe rawit utuh, ada jg yang diksih sambel terpisah…
    Bahkan kalau ada yang ditambahin irisan kubis n tomat….
    jd mirip tongseng ya…..
    Suka2 dia lah……
    Org dia yg jual!!!!
    Suka2 blogger dong mau pakai resep yg mana!!!!!

  17. mnrp on

    @dedy
    hahahhahaha… betul betul.. dia yang masak, dia yang jual, suka2 lah.. toh masih ada yang beli


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: