My Asus EEE 4G – netbook

asus eee 4g - pearl white

Bekerja dengan Asus EEE 4G memang sangat menyenangkan. Desain yang simple dengan berat laptop yang tidak sampai 1kilogram menjadikan alasan yang tepat untuk menggunakan notebook ringan, murah meriah n komplit ini. Namun ada hal2 sepele yang kadang bikin sebel. Contohnya sebagai berikut:

•    kecilnya ruang keyboard. Buat mereka2 yang telah terbiasa untuk menggunakan keyboard yang luas pasti jadi kendala. Tapi ini masalah kebiasaan, alah biasa pasti terbiasa.
•    Touchpage yang kecil. Serba kecil.. yaa namanya juga komputer kecil jadi semuanya kecil. Hal ini bisa ditangani dengan menggunakan extension mouse .
•    Operating system yang tidak biasa. Untuk beberapa versi Asus EEE yang mid-end, os yang terpasang adalah Linux dengan distro KDE lengkap dengan banyak aplikasi yang mendukung semua fasilitas yang ada di Asus EEE. Mungkin karena terbiasa untuk menggunakan produk2 Microsoft maka ada sedikit kendala terutama untuk tampilan desktop dan penggunaan Open Office (versi Linux dari MS Office). Lagi2 masalah kebiasaan yang harus dibiasakan apalagi sekarang sudah jamannya open source, jadi pelan2 pasti bisa.

Walaupun ada kelemahan2 kecil sebagaimana tersebut diatas, Asus EEE merupakan produk yang layak untuk digunakan. Anggaran rendah bukan alasan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebagai contoh Asus EEE 4G, walaupun hdd hanya 2Gb tetapi ada gratis tambahan SD MMC sebesar 4GB dari Asus, total jenderal ada 6 Gb yang bisa dipuaskan. Sayangnya untuk penggunaan external HDD belum bisa apabila dalam mode battery source. Tetapi jika mode nya dari power cord, maka external HDD pasti bisa digunakan. Fasilitas2 yang diperoleh dari Asus EEE 4G:

•    OS Linux distro KDE. Linux lebih stabil dan lebih cepat ketimbang Windows. Distro KDE memberikan banyak aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan sehari2 mulai dari Open Office 2.0, Personal Information Manager, games, Mozilla, Thunderbird dan beberapa aplikasi pendidikan.
•    Webcam 1,3MP. Webcam ini juga berfungsi sebagai kamera.
•    Ethernet.
•    Wifi.
•    3 port USB
•    Card Reader
•    Slot external display

Jika anda sudah memiliki produk Asus EEE, jangan lupa untuk register di Club EEE Asus (http://member.asus.com)

Iklan

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: