ttg avega (lagi)

kali ini, ada yang menarik yang sedang didiskusikan di milis avega Indonesia (avega-club@yahoogroups.com). awal 2009 ini topik yang terhangat adalah mengenai review dari majalah Mobil Motor dalam edisi 1/2009. dalam review tersebut disebutkan bahwa

hyundai avega limbung, ngak stabil, melayang di kecepatan tinggi, handling nya nggak bagus, dan tenaganya sangat payah kalau dibanding mobil yang sekelas 1500 cc lainnya..

waduh, kok separah itu yaa… kok bisa? kenapa? itu avega yang tipe mana ya?

kontan saja, pernyataan tersebut mengundang protes dari para pengguna dan pemilik hyundai avega (termasuk gue). kok bisa sih mobil yang bagus itu dinilai negatif? wah pasti ada yang salah.

tanpa ada maksud menghakimi bahwa majalah tersebut telah melakukan sesuatu yang negatif, baiknya ditelusuri dulu mengenai indikator2 serta variabel2 yang digunakan oleh tim reviewer. terus terang sampai saat belum membaca lengkap ttg ulasan yang disampaikan oleh majalah tersebut, wong belum pernah beli majalahnya.

jika melakukan perbandingan pada ulasan2 dari majalah atau pihak lain maka ulasan majalah mobil motor ini bertolak belakang dengan ulasan pihak lainnya. majalah autobild menyatakan bahwa avega merupakan mobil yang bagus. begitu juga penghargaan yang diterima pada Indonesia Motor Show 2008, menempatkan avega sebagai the best small sedan.

terlepas dari polemik ulasan tersebut, baiknya kita tanyakan kepada para pengguna avega yang telah menikmati kendaraannya lebih dari 2bulan. baiknya tidak menempatkan posisi tertinggi kepada seseorang yang baru menjajal kendaraan untuk yang pertama kali. kenapa?

karena orang2 yang baru menjajal untuk pertama kali akan kurang mengenal karakteristik dari kendaraan yang dijajalnya. kemudian dia akan membandingkan dengan kendaraan yang sudah sering dia pakai.  ini kenyataan loh.. coba dech tanyakan pada diri and sendiri.. alah bisa karena terbiasa bukan?

sebagai closing statement, baiknya diperhatikan juga dengan harga beli dengan fasilitas/barang yang anda terima. apakah anda membeli biaya produksi plus margin ataukah membeli biaya produksi+margin+biaya marketing?

54 comments so far

  1. Jojok on

    Ga sengaja ketemu blog yang mengulas Avega. Kalo ngeliat komentar majalah Motor Mobil yang timbul dipikiran adalah, avega mau dibandingkan dengan mobil apa? kalau dibandingkan dengan vios, city, yaris atau jazz ya jelas avega kalah. karena dari teknologi dan harga tidak sebanding dengan mereka. kalau soal limbung saya gak pernah mengalami di avega saya (Feb 2008 AT.
    Yg pasti nih mobil cukup baik & dpt diandalkan alias bandel. so far so good.
    thx

    mnrp:
    thx atas komentarnya.. :)
    itu lah kenapa perlu ditilik kembali komentar dari majalah tersebut. beberapa point telah disampaikan diatas mengenai “tata cara” reviewer.
    trims untuk sharingnya..
    proud to be aveganers :)

  2. Adi Moerti on

    saya pemilik Avega SG/AT th 2007 , menurut penilaian saya Avega stabil tidak limbung malah suspensi nya agak keras tapi masih nyaman dan handling bagus tidak melayang dalam kecepatan tinggi, bahkan untuk kenyamanan penumpang tidak kalah dg sedan sekelas yg lebih mahal. Avega bener 2 sedan “value for money”. Kalau mau disebut kekurangan mungkin cuma rem , lain2 nya tidak ada yg kurang , menilik harga yg kompetitif.

    mnrp:
    siiip…. tampaknya tim reviewer dari majalan tersebut HARUS merevisi opini mereka. seperti yang telah gue sampaikan:
    ada yang salah dengan tim reviewer majalan tersebut. atau jangan2 emang majalan tersebut tidak layak untuk dijadikan bahan referensi? hohohhooho

  3. Adi Moerti on

    untuk meningkatkan kestabilan Avega , cukup ganti ban dengan profil lebih rendah tanpa mengganti velg bawaan (5.5 X 15jj), ukuran ban 195/50/15 , saya memakai Champiro HPX 195/50/15 , kestabilan terutama kecepatan tinggi dan waktu hujan meningkat cukup drastis , juga handling dan pengereman menjadi lebih baik..selamat mencoba !

    mnrp:
    thx untuk tipsnya.. selama ini gue pribadi tidak melakukan modifikasi apapun terhadap avega gue…
    semuanya masi orisinil dan selama ini pun baik2 aja..

    proud to be aveganers !

  4. Planet Orange on

    Halo

    Gw pengen beli nih avega, sekarang sedang riset kecil2 di inet, pengen denger pendapat orang2 tentang mobil ini..

    terima kasih atas infonya….

    Ijin Bookmark….

  5. mnrp on

    to planet orange:

    selamat mencoba :)
    gue sudah menggunakan avega selama 2 tahun. gak ada masalah yang berarti palingan mesti sering2 nyuci karena sekarang musim hujan.. hehehehe..

  6. GT on

    Ayooo minta info sebanyak-banyaknya dong.. dari para pengguna avega… InsyaALLAH tahun depan ane ada rejeki, mau beli Avega juga yg baru dari toko… Sebenernya sih pengennya JAZZ tapi biar kedua-duanya kesampean (Lunasin cicilan rumah + punya mobil sendiri) ya udah deh pilihan jatuh ke AVEGA… and cukup variant yg paling murah aja… Klo menurut yg lain gimana?

  7. mnrp on

    @GT
    amin.. semoga tercapai ya mas.. saya sudah jalan 2 tahun lewat dengan avega, masih ciamik dan asik2 nih.. sekarang malah tambah ngegaye.. naek sedan gitu loh.. :)

  8. nunkqie on

    All.. Sbnernya gw tdnya bimbang,antara mau bl avega or xenia! Tp bgitu baca komen2 ttg avega,yg overall ok! Mmm,kyknya pilihn gw jtuh ke avega aj kali ya? Nambah lg deh aveganers,hehehe..

  9. fajar on

    itu yang comment pasti pegawainya proton,biasa kan pembuatnya ahli provokasi

  10. mnrp on

    @nunkqie
    selamat datang untuk aveganers yang baru :)
    pilih warna apa nih?
    warna merah gagah loh.. (rada sedikit menyesal kenapa ambil yang silver)

    oh iya, selisih berapa juta antara xenia dengan avega?
    cukup untuk beli motor?
    hehehehhe

  11. mnrp on

    @fajar
    proton?
    kok ada proton disini..

  12. arizal on

    saya anak umur 16 tahun. saya di belikan mobil baru oleh mama saya. yaitu avega GX M/T 2010. menurut saya mobilnya enak. dan tidal beggitu buruk

  13. adi moerti on

    uda 3 th pake Avega SG/at/jok kulit(ori),ga ada masalah , malah tambah mantep aja…dari belakang “pantat”nya sexy…kayak sport car ! my car my supercar ! kata Mario Teguh…

  14. mnrp on

    @arizal
    wah kamu sudah punya SIM A? kan baru 16 tahun…

  15. mnrp on

    @adi moerti
    yupppee!!
    saya pun merasakan demikian..
    sudah 3 tahun bertahan..
    makin banyak avega di jalan raya loh..

  16. iwan on

    saya mau rencana beli avega dalam minggu ini yang saya ingin tanyakan
    1. after sales gmn ya?
    2. spare part jika mau ganti apakah sudah mulai banyak di bengkel2 seperti atrium krn saya tinggal di cibinong
    3. club yang deket daerah saya di mana nih nongkrongnya
    4. masalah rem katanya sering problem cara mengatasi gmn tuh
    5. BBM nya apakah memang harus pakai PERTAMAX atau Premium
    Thanks atas komen temen2 agar saya bisa memutuskan secepatnya
    iwan

  17. pulseschlag on

    pertanyaan saya kurang lebih sama dgn saudara iwan (diatas) mohon penjelasan mengenai hal yg sifatnya lebih ke teknis, maklum kalau masalah model dsb itu hanya masalah selera saja…

  18. Anonymous on

    saya udah hampir 2 tahun pake avega. sebelumnya pake bimantara cakra . tidak pernah ada masalah tuh.

  19. Kusanagi1999 on

    Saya juga mau komen, sorry telat baru baca lagi nih forum.
    Btw ane jg apke Avega Facelift 2008 M/T, dah hampir 4 th masih oke2 aja. Modifikasi sy lakukan utk mesin yaitu pada busi iridium NGK BKR7, filter udara replacement simota + cyclone. Hasilnya 0-100kpj cuma 9 detik. Top speed yg pernah ane capai 188 kpj. Hingga 160 kpj mesih masih anteng gak goyang. Bener tuh bro, majalahnya ngada2 aja.

  20. Moch Soleh Aby Azra on

    yoai< aq paling suka mobil buatan eropa atau yg speck nya berkiblat ke eropa nah itu aq temukan di produk hyudai buatan korea, nah aq menjatuhkan pilihan kpd hyudai new avega 2012< ciamik dan yahud, ga rugi ……, dan aq dah beberapa kali ganti mobil, tpi avega jadi pilihan dan tetep OK
    bagi yg tau community hyudai avega tolong kabarin ya, biar ikuy club avega

  21. iwan on

    akhirnya gw beli hyundai new avega M/T 2012… pilihan tepat, harga terjangkau, dan kualitas sedan….

  22. adi b d on

    pemgim seh avega sg, cumannnnnnnn…nunggu rezeqi sampai 85jeti dululah.

  23. Ria on

    Aq pngn beli hyundai avega 2012, tlg ksh testimoni dong buat yg udh pake avega terbaru ini… performanya oke gak sih? harga nett-nya brp? trus diksh free apa aja? pls info ya,pngn beli asap nih

  24. eva on

    baru saja booking hyundai avega 2012…mudah-mudahan tidak rewel dan awet

  25. Anonymous on

    new Avega skrg discontinue utk matic nya ?? koq skrg harus indent ya ?

  26. Erwin on

    Alhamdulillah baru booking avega juga neh….
    Minta support rekan2x ya…

  27. andiZ on

    Alhamdulillah saya baru ganti mobil nih dari bimantara cakra ke avega.. nggak mau ganti merk yg lain krn makenya enak harganya murah dan irit lagi.. puas..

  28. fion on

    sy baru beli avega 2nd di Hyundai kalimalang, sebelumnya sy belum pernah pakai avega, kalau masalah diremnya kenapa sih? bisa ada yg jelasin supaya sy bisa tau masalahnya, tq untuk semua…

  29. Anonymous on

    Menurut saya avega mesin bagus,kuat,hampir sama spt timor.krn saya kemrin pakai timor sohc dan sekarang sdg dalam proses leasing avega 2009..menurut saya bagus..krn sebelum saya memilih avega ,saya tanya teman dl yg dl nya pernah kerja di hyundai sebagai trainer mesinnya bagus,transmisi bagus dan u spare part saya pernah tanya di atrium tempat saya beli spare part timor untuk hyundai tersedia kan sama part nya pakai merk MOBIS itu asli korea untuk semua jenis produknya mau apapun merknya part tetap Genuine MOBIS..

  30. Anonymous on

    untuk spare part bisa ke Atrium di KAP Motor dg Om Tony dia Pemilik Toko nya.

  31. Anonymous on

    avega emang bagus, soalya kebetulan udah pernah nyoba punya tetangga ane
    hehehe
    kalo ga salah harganya juga terjangkau n perawatan ga mahal
    sukses hyundai!!

  32. kenebae on

    Saya juga lagi kepingin Avega, sekarang saya pakai Trajet..

  33. yono on

    Saya kebetulan baru beli avega GX 2010. Mau tanya apa bedanya dengan type GL sama new avega? Bagaimana konsumsi BBM-nya, barangkali ada yg pernah ngukur.

  34. Nico~ Malang on

    Udah Pake Hyundai Avega GX 2008…..
    Mobil asik mesin ga pernah rewel….
    Servis juga cuman setahun sekali menjelang lebaran…..
    Dulu pake premium tapi setelah 1 tahun timbul masalah mobil agak tersendat …..
    Bawa ke Beres Hyundai clean ijeksion dan disarankan pake pertamax…..
    Akhirnya pake pertamax sampai sekarang buat kota2 lancar…. Luar kota wus wus……jalan tol ngacir tanpa masalah……
    Konsumsi bahan bakar utk kota2 1:10
    Luar kota 1:13…. Jalan Tol 1:13.8…..
    Avega mantabs….

  35. Anonymous on

    Gan, Kusanagi1999,
    beli filter dimana, apa bisa beli via online, coz qta ada di daerah ni,

  36. Abdul Rochman on

    agan2 mohon info dong.. ane baru angkat avega GL 2008, yg mo ditanyain apakah kelistrikan AC,odo meter dan power window langsung ke aki, cos kendaraan ane pada saat kunnci kontak off & dicabut 3 hal diatas masih berfungsi (nyala) tidak off. itu ane tahu setelah seminggu pemakaian, pernah lupa matiin AC semaleman aki lgsung ngdrof… tq

  37. verry on

    itu ada yang di bypass kayaknya tuh, bawa ke bengkel deh

  38. Anonymous on

    Agan knapa avega saya klo dsentakan putaran pertama brebet ya trimsbinfonya

  39. Tonny on

    Met malem para Aveganers semua:D

    Mau nanya nih ke agan-agan semua, saya mau ngambil Avega GL tahun 2009 & kemaren baru test drive dari showroomnya. Waktu test drive kemaren, indikator suhu nya manteng di setengah terus dari awal mobil nyala sampe mati (balik ke showroom). Nah itu normal ga ya gan ? Waktu kemaren ditemenin sama pegawainya, saya nanya dia apakah itu normal & dia bilang ke saya kalau itu normal, tapi saya tidak percaya. Tolong dijawab ya agan-agan Aveganers semua:D Terimakasih

    Tonny

  40. Anonymous on

    Met malem para Aveganers semua:D

    Mau nanya nih ke agan-agan semua, saya mau ngambil Avega GL tahun 2009 & kemaren baru test drive dari showroomnya. Waktu test drive kemaren, indikator suhu nya manteng di setengah terus dari awal mobil nyala sampe mati (balik ke showroom). Nah itu normal ga ya gan ? Waktu kemaren ditemenin sama pegawainya, saya nanya dia apakah itu normal & dia bilang ke saya kalau itu normal, tapi saya tidak percaya. Tolong dijawab ya agan-agan Aveganers semua:D Terimakasih

    Tonny

    Salam Avega ( Saya Dari Keluarga AFCI ) AVega Family Club Indonesia

    Untuk Hyundai Avega ,Terkait Indikator Temp mesin dg Jarum Menunjuk di tengah itu normal.dan tidak ada masalah,krn suhu temperatur akan menyalakan kipas di 89-90 derajat kipas akan berputar..mungkin krn Om tonny terbiasa pakai mobil Jepang (Toyota,Honda) yg jarumnya selalu di bawah.jadinya khawatir.

  41. Anonymous on

    BIla ada para Aveganer yg ingin Join silahkan Invite Pin BB ini..230CC3C1
    atau ke Millist afci@yahoogroups.com

  42. Anonymous on

    Bro sampai saat ini saya pake timor 2002, matab dah. tp sepertinya saya jatuh hati pada avega 2007 tipe SG, yg pingin saya tanyakan adalah bagaimanay kenyamanan penumpang belakang bila mobil penuh dengan 5 penumpang? mohon pencerahan….

  43. Anonymous on

    masa sih dari atas sampe bawah ga ada kelemahannya … ?
    Apa iya sesempurna itu .. sudah seach di google nyari kelemahannya belum dapet2 … tolong pencerahannya donk gan .. ane pengen angkat avega GL 2007 …

  44. Anonymous on

    Menanggapi komentar bro tanggal 1 Juli & 21 Agustus, saya Tonny yang komentar diatas tanggal 10 April kemarin:)

    Sejauh ini Avega yang keluarga saya ambil (GL 2009) tidak mengalami masalah apapun pada mesin.Tarikannya juga mantap (y) Bapak saya seneng banget sama mobil ini karena mobil ini pake penggerak roda depan & kata beliau mobil penggerak roda depan emang blingsatan kalau lari=D start dari lampu merah juga sering jadi yang paling depan deh pokoknya. Beliau pernah cerita kalau dia tarik-tarikan di tol Jkt-Bdg vs Santa Fe / Tucson (saya lupa) dan bisa ngebuat mobil itu kewalahan ngejernya (sekilas ga sepadan sih ya SUV vs Sedan =D) yang jelas overall mobil ini ga mengecewakan deh performanya:)

    Nah ngomong masalah kenyamanan, kalau kursi depan pokoknya enak dehh, tapiiii, kalau saya duduk dibelakang, kurang nyaman untuk dipakai jarak jauh (contoh Bdg-Jkt kemarin, pegel, harus bawa bantal biar nyaman)

    Untuk agan yang komentar tanggal 1 Juli, penumpang yang duduk dibelakangnya kalau 5 orang tuh sebesar apa ya badannya ? Saya dan adik saya (sudah kuliah) kalau duduk dibelakang sih nyaman, tapi kalau u/ kapasitas 3 orang duduk dibelakang dengan badan yang seukuran kami, not recomended deh, SEMPIT pastinya ! Hahaha

  45. Anonymous on

    O iya tambahan, dengan penumpang 4 orang + bagasi penuh, Avega saya tetep blingsatan larinya loh, whuss whuss whusss~

    Tonny

  46. Anonymous on

    ane baru beli avega 2007 ni, tapi gak tau tu tipe GX tao GL….mohon referensinya dong

  47. Stanley Alvin on

    saya berumur 14 thn …. rencana saya pas dapat SIM pertama saya , saya mau beli mobil hyundai avega …. kira 2x mobil avega masih diproduksi???
    Dan pas saya baca komentar diatas , katanya ada masalah sistem rem …. sistem rem nya bisa diatasi gak??? Terus bagian apa saja yang perlu ditambah agar mobil avega makin top tenaganya??? tolong balasan nya ….
    Ditunggu ya :D

    from : Medan

  48. Yarman M on

    Siapa bilang Avega kalah dari vios atau sekelasnya ? saya pakai type GX 2012. Avega itu ada sistem pemanas ruangan yang gak dipunyai mobil Jepang untuk pasaran Indonesia. Yang menarik dari type ini yaitu pajaknya setara dengan minibus. Bahkan di STNK saya tertera minibus, padahal yang kita pakai adalah type sedan (pajak setara dengan avanza/ xenia). karena saya beli sisa stok terakhir sebelum Grand Avega maka saya dihujani dengan berbagai bonus. Asuransi all risk dan TLO 5 tahun. bonus paint protection sama anti karat. Masalah tarikan saya pernah besut di tol sampai 150 km/jam. Cukup stabil kok. Saya pakai type bawaan tanpa modifikasi

  49. Uli Firman on

    Saya pemilik Avega GX 2011 beli baru dari Dealer Hyundai Pekanbaru. Tetapi sedari awal sudah kecewa. Mesin baru sudah bermasalah. Parah. Di Klaim minta unit baru gak bisa akhirnya cuman diganti partnya yang dicopot dari mobil avega yang ada di showroom.. Udah gitu minum kudu Pertamax kalo enggak ngelitik abiss.. boross.. Sori ceritanya tidak semanis yang posting sebelum2nya..

  50. Mas peri on

    Saya pengguna Avega GL tahun 2008, saya beli second dari dealer hyundai autosafe kalimalang pada bulan Juli 2011 dan langsung saya pake pulang kampung ke Solo. Rute pulang balik lewat jalur selatan jawa, kondisi jalanan khas lebaran, sangat padat dan macet. Mudik kami tempuh selama hampir 29 jam, baliknya lebih parah lagi, hampir 32 jam. Dan ternyata avega saya tidak ada masalah tuh..lancar2 dan nyaman2 saja. Bulan desember nya saya balik kampung lagi lewat jalur pantura..dan lancar2 juga tuh.. sebelumnya saya pakai xenia 2005.

  51. alfred aryadi on

    Dear all member, saya lokasi di Bandung, tertarik dari dulu pingin Avega.. hmm berhubung masih terbatas dana, baru mau kesampaian tahun ini,.. mohon info,.. kalau ada temen atau kolega yg pingin ngejual avega 2007/2008.. please info ya.. memang ada banyak di show room,.. tapi prefer ke member atau koleganya dulu aja.. please info (sms aja) ke 081320244049
    tq
    oh ya , apa da komunitas avega di Bandung?

  52. irkif on

    kalo mw gabung di komunitas avega gmn caranya?di jawatimur ada g?
    saya dari banyuwangi..thx…mohon info nya

  53. Anonymous on

    rencana mau ambil avega nih gan, ada yg nawarin avega GL 2008 a/t minta 70jt dan avega wave 2009 m/t 80jt…..ane bingungggg mau yang mana yah…mohon masukan gan…tq

  54. Anonymous on

    hai semua…aku dina..aku baru beli hundai avega GL/AT 2008 grey Second, kasih infonya ya…bagus gak nih mobil…mobilnya baru aku terima minggu


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

